Jasa Isi Aplikasi iPad/iPhone

Bagi anda yang mau mengisi aplikasi game atau aplikasi lainnya seperti office / productivity ataupun tools lain untuk iPad / iPhone / iPod Touch

Blackberry Z3

Smartphone BlackBerry® Z3, Jakarta Edition hadir dengan BlackBerry®10 dalam layar 5”

shadut dot com

Welcome to shadut.com. Selamat datang di website shadut.com. Mulai tanggal 3 januari 2010, link blog ini yang biasa diakses di http://shadut.blogspot.com, beralih dan dapat diakses dengan menggunakan alamat www.shadut.com.

Kasenian Sunda Sisingaan

Kasenian Sunda Sisingaan dari Subang Propinsi Jawa Barat - Indonesia khususnya di tempat saya di Kecamatan Kalijati umumnya digelar pada acaran hajatan sunatan anak-anak.

Blackberry Curve 8520

Pengguna Blackberry di Indonesia kini bisa merasakan Handheld keluaran terbaru dari Research In Motion ( RIM ) setelah beberapa saat tertahan akhirnya resmi dirilis di Indonesia.

20 February 2009

Kapasitas Maksimal Phonebook

Ketika anda ditanya, berapakah handphone atau PDA anda dapat menyimpan contact number / nomer telephone di phonebook anda, apakah anda bisa langsung menjawabnya..!!?? ataukah berdiam diri sejenak dan berpikir "Berapa ya..!!!?". Atau mungkin saja banyak diantara anda yang akan menjawab tidak tahu berapa kapasitas penyimpanan phonebook handphone anda. Karena memang hal-hal seperti ini jarang sekali diperhatikan. Yang lebih diperhatikan ketika anda membeli handphone atau PDA biasanya fasilitas yang tersedia di handphone seperti kamera, pemutar musik, radio, dll.

Tentu saja untuk setiap handphone dari generasi ke generasi berbeda-beda mengenai kapasitas phonebooknya. Kita semua tahu, handphone generasi lama kebanyakan hanya mengandalkan kapasitas phonebook di kartu SIM saja. Kisaran data phonebook yang bisa ditampung adalah sekitar 200 contact saja. Karena kapasitasnya yang kecil, maka data yang ditampung pun hanya sebatas nama dan nomor telephone saja. Lain halnya dengan handphone generasi sekarang. Sesuai dengan perkembangan zaman, memori penyimpanan phonebook pun sudah tidak mengandalkan kartu SIM lagi, tetapi menggunakan memori phonebook yang ada di handphone. Selain daya tampung yang lebih banyak, data yang disimpan pun tidak hanya nama dan nomor telepon saja tapi data lainnya seperti alamat rumah, alamat email, dll.

Begitupun halnya di PDA, data dari suatu contact yang bisa dimasukan sangat beragam, mulai dari nama, nomor telepon rumah, nomor telepon kantor, nomor fax, alamat rumah, alamat kantor, alamat email, alamat IM, Peger, tanggal lahir, photo, dll. Maka dari itu, sebagian orang menyebutnya sebagai outlook contact. Untuk setiap outlook contact yang dibuat, memiliki ukuran memori yang berbeda-beda tergantung data yang diinput. Untuk satu contact yang hanya diisi nama dan nomor telpon saja tentu ukuran memorinya akan lebih kecil jika dibandingkan dengan contact yang diisi nama, nomor telpon, alamat, dll. Maka dari itu, di PDA tidak bisa ditentukan berapa ratus atau ribu contact yang bisa ditampung, tetapi tergantung dari ukuran memori yang tersedia. Misalkan saja di PDA HTC keluaran terbaru, memori yang tersedia untuk phonobook dan appointment ( data PIM ) sebesar 64MB. Jika satu contact yang diisi semua data-datanya menghasilkan ukuran memori 10KB misalnya, tinggal kalkulasikan saja berapa jumlah contact yang bisa ditampung..!!??

18 February 2009

Stress.., Nulis Aja..!!??

Gak ada ide nihhhh...!!?? Nulis apa ya..?? Bingung deh..!!?? Memang gak mudah ya menjadi seorang penulis. Penulis harus terus menemukan ide-ide untuk dijadikan sebagai bahan tulisan. Ide-ide tulisan tentunya bisa ditemukan dimana saja bahkan ketika kita sedang tidak sengaja memikirkan bahan tulisan. Itulah sebabnya ada etika untuk menjiplak tulisan orang lain karena itu tadi, untuk membuat tulisan tidaklah mudah, diperlukan ide, pemikiran dan ilmu, ilmu untuk mengarang dan bukannya ilmu untuk menjiplak.

Satu waktu ketika ada waktu luang untuk berjalan-jalan di internet, saya menemukan suatu bacaan dengan tema "Menulis dapat menghilangkan strees" Masa sih..?? Apa iya ya..?? Waktu itu saya menggunakan mesin pencari google dengan keyword "menghilangkan stres" karena merasa memiliki gejala stres yang tidak sengaja saya baca di beberapa tulisan artikel. Saya merasa pikiran mumet, susah tidur, sensitif, dan mudah marah. Masih menurut tulisan tersebut, banyak yang mendorong timbulnya stress antara lain tekanan kerja dan banyak pikiran. Tentu saja didalam tulisan tersebut disertai dengan tips menghilangkannya dan salah satunya adalah dengan cara menulis. Menulis disini menurut saya bukan dalam pengertian menulis untuk tulisan artikel , karena saya sendiri merasa tidak terbukti dengan tips yang satu ini karena tidak mungkin memikirkan ide-ide disaat pikiran sedang mumet. Menulis disini mungkin dalam pengertian menulis curahan hati ataupun unek-unek yang bisa jadi dapat meringankan beban pikiran yang dipendam sendiri dengan cara menuliskan curahan hati. Maka itu dikatakan menulis dapat menghilangkan stres.

Dua hal yang saya rasakan dapat membantu menghilangkan stres. Yang pertama adalah olah raga. Hal ini yang benar-benar terbukti bisa menghilangkan stress. Setelah olah raga pikiran terasa enteng, penglihatan terasa lebih terang / cerah dan seperti orang yang tanpa beban. Kedua adalah Mudik alias pulang kampung. Di kampung, saya gampang sekali untuk tidur karena mungkin merasa tidak punya beban pikiran apa-apa. Jam 8 malam saja saya sudah bisa tertidur sampai pagi, tetapi klo di Jakarta jam 8 sudah berbaring di tempat tidur pun tetap saja tidak bisa tidur karena pikiran melayang kemana-mana. Sesekali bisa saya tertidur jam 8 malam, tetapi sering bangun lagi di waktu malam karena mungkin tidur dengan perasaan tidak tenang akibat memikirkan banyak hal. Dengan bisa tidur jam 8 malam hingga pagi tanpa terbangun tengah malam membuat badan fit dan pikiran saya jernih. Maka dari itu tidur yang berkualitas bisa jadi dapat menghilangkan stres.

13 February 2009

Virtual G1 T-Mobile

Saya yakin anda semua sudah tahu apa itu G1 kan..? Ya.., sebuah PDA berbasiskan Operating Sistem Android keluaran google yang dipasarkan T-Mobile. Apakah anda termasuk orang yang beruntung sudah bisa mencoba G1..? Hebat banget ya...!!?? Karena sepertinya G1 ini tidak dijual di Indonesia, sehingga tampaknya sangat sulit untuk bisa mencoba gadget yang satu ini. Tapi sebenarnya anda yang belum pernah mencoba G1 tidak perlu khawatir, karena jika sekedar ingin mencoba G1, apa aja sih menu-menu yang terdapat pada G1, anda bisa mencobanya dengan menggunakan Virtual G1.

Saya sendiri bingung ketika seseorang datang membawa satu buah PDA phone T-Mobile G1 ke hadapan saya. Seorang wanita cantik pembawa T-Mobile G-1 ini menanyakan apakah PDAnya bisa dipasangin blackberry connect..? Trus dia juga menanyakan gimana pada call history-nya muncul tanggal dan jam panggilan tersebut dan bukannya jangka waktu panggilan tersebut. Wah, megang aja belum, gimana cara nyeting-nyetingnya. Menu-menunya aja belum tau. Kemudian saya diberi tau seseorang, kalau di internet ada virtual untuk T-Mobile G1. Setelah browsing sana-sini ketemu juga websitenya. Alamat websitenya adalah http://tmobile.modeaondemand.com/htc/g1 Didalam website ini anda bisa mencoba G1 secara virtual. Anda bisa mencoba semua menu-menu yang yang terdapat di G1. Bagi anda yang ingin mencobanya anda bisa masuk alamat website tersebut. Setelah masuk websitenya, untuk mencoba G1 secara virtual, anda harus memilih EMULATOR. Selamat mencoba.

Rovolusi Kunci Kontak Sepeda Motor..!!

Kejahatan terhadap sepeda motor sepertinya tidak ada habisnya kalau tidak boleh dibilang meningkat. Mungkin anda sering mendengar di televisi ataupun di lingkungan anda sendiri, ada orang yang kehilangan sepeda motor. Hal ini disebabkan karena adanya kesempatan yang didapat oleh maling dan kelengahan yang diberikan pemilik kendaraan. Tidak bisa dipungkiri pula, para maling ini memanfaatkan kekurangan yang diberikan kalangan produsen sepeda motor yang masih saja menggunakan Kunci Kontak Standar yang biasa kita lihat yakni kunci kontak berjenis minus. Sangat disayangkan sekali…!!?? Seperti sudah banyak diketahui bahwa kunci jenis ini gampang dibobol maling dengan menggunakan kunci T andalannya maling. Untuk itu, sudah saatnya-lah sekarang para produsen sepeda motor untuk melakukan “Revolusi Kunci Kontak Sepeda Motor” disemua produk sepeda motor yang dihasilkannya agar keamanannya lebih terjamin. Hal ini diyakini bisa sedikit membuat tenang pemilik sepeda motor.

Revolusi terhadap kendaraan memang terasa sampai saat ini. Baik kendaraan mobil ataupun sepeda motor. Mulai dari teknologi, mesin, penampilan, ban, lampu, kelistrikan, kenyaman pengendara, hingga mesin yang irit bahan bakar. Tapi tidak untuk Kunci Kontak, khususnya untuk kendaraan sepeda motor. Kunci Kontak yang digabung dengan kunci stang ini, desainnya dari dulu hingga sekarang sepertinya tidak ada perubahan yang mencolok dalam hal desain keamanan. Kunci kontak yang berjenis minus ini, buat para maling sangat gampang dibobol. Karenanya para pemilik kendaraan sepeda motor harus mengeluarkan uang tambahan untuk membuat kunci ganda, untuk meminimalisir para maling dapat membobol dan membawa kabur sepeda motornya. Kunci ganda yang digunakan pemilik kendaraan sepeda motor dapat berupa mengganti kunci kontak motor dengan jenis bintang, atau membuat kunci rahasia, ataupun menggunakan gembok di rem cakram. Hal ini cukup efektif dan membuat frustasi para maling dan memilih sasaran lain yang lebih mudah karena mereka dituntut kerja cepat atau bisa dihakimi masa dan tidak jarang menyebabkan kematian bila ketahuan mencuri motor.

Untuk itu sudah saatnya-lah para produsen kendaraan sepeda motor membuat inovasi dan desain kunci kontak yang baru. Kita berharap para produsen sepeda motor ini tidah hanya menginovasi dalam hal mesin dan penampilan saja, tetapi juga kunci kontak yang retan di bobol. Sejauh ini Honda sudah mencoba menginovasi Kunci Kontak pada beberapa sepeda motor keluaran terbarunya walaupun hanya sebatas pelindung kunci kontak saja. Pelindung Kunci Kontak ini harus dibuka dengan kunci khusus yang berbentuk bulat, sehingga para penjahat harus bersekolah lagi bagaimana cara membuka kunci jenis ini. Bagaimana dengan dengan produsen lain seperti Yamaha yang di Indonesia sebagai kompetitor berat Honda di segmen pasar sepeda motor. Masihkah akan menggunakan Kunci Kontak yang lama..??

Termehek-mehek

Gak tau kenapa..!!?? Terkadang saya bingung, kenapa ya gak di kantor.., ga di rumah.., orang-orang banyak yang membicarakan dan menonton salah satu acara televisi yang dikasih title “Termehek-mehek”. Satu hal yang jelas, berarti acara ini menyedot perhatian semua pemirsa sehingga mereka tidak mau melewatkan acara yang satu ini. Tapi terkadang salah satu diantara mereka bertanya, Termehek-mehek ini ceritanya beneran gak sih..? Nah lho..? Saya sendiri tidak bisa membedakan apakah cerita asli atau hanya settingan..? Tapi…, menurut temen saya yang menjadi editor salah satu infotainment di salah satu televisi, dia pernah bertanya kepada temennya yang menjadi editor acara “Termehek-mehek” bahwasannya “Termehek-mehek” sekarang semuanya adalah settingan, kecuali episode 4 – 8 yang cerita beneran (Reality Show).

Masih bercerita tentang “Termehek-mehek”. Ternyata acara Termehek-mehek ini sampai juga ke kampung halaman saya Kalijati – Subang. Ya..iya lah, namanya juga acara televisi, pasti tersiar dari Sabang sampai Merauke. Tapi acara Termehek-mehek episode awal Februari 2009 ini di kampung halaman saya di tambah dengan cerita lainnya. Cerita lainnya yaitu menceritakan seorang tetangga saya yang biasa di panggil dengan Intan. Intan yang sangat gemar menonton “Termehek-mehek” harus “Termehek-mehek beneran” karena motornya raib di gondol maling. Motor Yamaha Mio milik Intan yang masih baru ini harus hilang dibawa maling selepas Magrib ketika dia menonton acara “Termehek-mehek” di televisi. Rumah Intan yang terletak kurang lebih 100 meter dari rumah saya memang persis menghadap ke jalan aspal, sama halnya seperti rumah saya. Tetapi walaupun cukup dekat, rumahnya Intan tidak bisa terlihat dari rumah saya karena adanya belokan. Menurut tetangga dekatnya, Intan memang suka menaro motornya di pinggir jalan atau halaman rumah tetapi tidak dimasukkan ke teras rumah. Maka ketika ada kesempatan, maling yang sudah lama mengincar motornya Intan ini dapat dengan mudah membawa kabur motor ini. Saya sendiri berada didalam rumah ketika suara gaduh didepan rumah yang menanyakan kepada adik saya yang kebetulan lagi nongkrong didepan rumah, “apakah adik saya melihat ada yang mendorong motor..?” disitulah kemudian saya tau kalau motornya Intan hilang. Di tempat saya, menurut orang rumah, memang masih cukup tinggi kejahatan yang satu ini. Dan ini menjadi pekerjaan rumah bagi aparat kepolisian tentunya. Walaupun begitu, kita tetap harus membantu aparat kepolisian dengan mendisiplinkan diri kita masing-masing. Misalnya saja dengan tidak menaro motor dengan sembarangan atau bisa juga membuat kunci ganda untuk keamanan.

05 February 2009

Backup Data PIM

Data merupakan suatu hal yang sangat penting bagi semua orang terutama data kontak/phonebook. Dan anda tentu tidak ingin kehilangan contact ini di handphone anda. Di PDA-PDA lama yang masih berbasis Windows Mobile 2003, potensi kehilangan data ini lebih besar dibandingkan dengan Windows Mobile 5 dan generasi penerusnya, karena pada PDA Windows Mobile 2003 jika anda cabut batre untuk beberapa menit saja, semua data akang langsung hilang. Bagaimana dengan Windows Mobile 5 dan penerusnya seperti Windows Mobile 6 dan Windows Mobile 6.1 ?

Walaupun di Windows Mobile 5, Windows Mobile 6 dan Windows Mobile 6.1 jika cabut batre semua data tidak hilang tapi suatu waktu atau dalam keadaan terdesak kita pasti melakukan apa itu backup data. Misalkan saja, jika PDA anda suka hang dan terasa lambat karena terlalu banyak aplikasi dan anda berniat untuk melakukan hard reset maka anda tentu harus membackup data-datanya dulu dong klo tidak ingin kehilangan data-datanya minimal kontaknya deh. Tapi bagaimana jika anda tidak ada aplikasi untuk backup data atau anda sedang tidak berada dekat dengan komputer untuk membackup data dengan cara melakukan synchronize..? Ada satu cara yang cukup praktis yang bisa dilakukan yaitu dengan cara mengcopy suatu file yang dinamakan PIM. Tapi saya sarankan cara ini dilakukan apabila keadaan terdesak dan tidak ada cara lain untuk membackup data. Kenapa..?? Karena saya hanya mencoba merestore/mengembalikan data file PIM ini ke PDA yang mau di hard reset saja dan bukan merestore ke PDA lain. Saya memang pernah mencoba merestore PIM saya dari O2 Atom Exec ke MWG Zinc II dan berhasil. Namun ketika saya mencoba merestore PIM tersebut ke DOPOD file tersebut tidak terbaca dan menu kontaknya tidak bisa kebuka. Itulah kenapa saya menyarankan cara ini dilakukan bila keadaan darurat.

Jadi bagaimana caranya membackup file PIM ini..? Standarnya di semua handphone dan PDA terbaru memiliki file penyimpan data kontak dan appointment yang diberi nama PIM. Kalau di PDA, file ini bisa anda temukan menggunakan file explorer PDA pada folder My Device. Ukuran file ini variatif tergantung banyaknya data kontak dan appointment. Semakin banyak kontak dan appointment maka semakin besar pula ukuran filenya. Untuk membackupnya anda tinggal copy saja file ini ke memori card. Sementara untuk merestore data PIM file ini ada sedikit trik yang harus dilakukan. Untuk merestore/mengembalikan data backup file PIM yang terdapat pada memori card, anda hanya tinggal mengcopykan file PIM yang sudah dicopy ke memori card tadi ke folder My Device. Tapi, anda tidak bisa mengcopy dan menumpuk file PIM yang sudah ada di folder My Device karena file PIM yang ada di My Device digunakan oleh sistem, file tersebut tidak bisa ditumpuk apalagi dihapus. Caranya, copy PIM yang ada di Memori Card, kemudian masuk ke folder My Device, sebelum melakukan paste, rename file PIM yg ada di folder ini dengan nama lain, setelah itu baru lakukan paste. Restartlah PDA anda, karena PDA masih menggunakan PIM yang anda rename tadi. Setelah restart data kontak pun akan kembali seperti semula sebelum anda melakukan hard reset.

03 February 2009

Jam dan Tanggal di HTC Shift

Melanjutkan cerita tentang HTC Shift yang keren itu di bahasan sebelumnya, si Lilis kembali memberi HTC Shift kepada saya, bukan memberi sembarang memberi apalagi memberi untuk dimiliki tapi memberi untuk diperbaiki... :D. Kali ini masalahnya adalah jam dan tanggal di Windows Mobilenya tidak bisa sama dengan jam dan tanggal di Windows Vistanya. Hhhmmm.., apanya ya..? Megang unitnya aja baru sekali...!!??

Bingung juga...!! Gimana caranya ya merubah jam dan tanggal di Windows Mobilenya? Apanya ya..!!?? Harus ngapain ya...?? Ya..udade..kunjungi dulu websitenya HTC dulu. Ubek-ubek websitenya HTC and ketemu deh User Manualnya. Di User ManUal disebutkan bahwa jam tanggal di Windows Mobilenya akan mengikuti setting jam tangggal di Windows Vistanya. Tapi gimana caranya..? Ko ga bisa sama .Wah tambah bingung deh.

Satu hal yang jelas terlihat di HTC Shift ini setelah dicek lagi...lagi...lagi..dan lagi, yakni Control Centernya ko ga jalan ya..? Ga bisa muncul menu Control Centernya ketika dipencet tombol Control Centernya. Ya..udade..kunjungi lagi websitenya HTC. Ubek-ubek di bagian supportnya, ketemu deh update-an buat Control Centernya. Gak pake lama langsung download dan diinstall ke HTC Shiftnya. Setelah install dan restart, Cliiiinggggg... Jam dan tanggalnya pun langsung sama. Ooo...itu tooooo...!!??

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More