13 February 2009

Rovolusi Kunci Kontak Sepeda Motor..!!

Kejahatan terhadap sepeda motor sepertinya tidak ada habisnya kalau tidak boleh dibilang meningkat. Mungkin anda sering mendengar di televisi ataupun di lingkungan anda sendiri, ada orang yang kehilangan sepeda motor. Hal ini disebabkan karena adanya kesempatan yang didapat oleh maling dan kelengahan yang diberikan pemilik kendaraan. Tidak bisa dipungkiri pula, para maling ini memanfaatkan kekurangan yang diberikan kalangan produsen sepeda motor yang masih saja menggunakan Kunci Kontak Standar yang biasa kita lihat yakni kunci kontak berjenis minus. Sangat disayangkan sekali…!!?? Seperti sudah banyak diketahui bahwa kunci jenis ini gampang dibobol maling dengan menggunakan kunci T andalannya maling. Untuk itu, sudah saatnya-lah sekarang para produsen sepeda motor untuk melakukan “Revolusi Kunci Kontak Sepeda Motor” disemua produk sepeda motor yang dihasilkannya agar keamanannya lebih terjamin. Hal ini diyakini bisa sedikit membuat tenang pemilik sepeda motor.

Revolusi terhadap kendaraan memang terasa sampai saat ini. Baik kendaraan mobil ataupun sepeda motor. Mulai dari teknologi, mesin, penampilan, ban, lampu, kelistrikan, kenyaman pengendara, hingga mesin yang irit bahan bakar. Tapi tidak untuk Kunci Kontak, khususnya untuk kendaraan sepeda motor. Kunci Kontak yang digabung dengan kunci stang ini, desainnya dari dulu hingga sekarang sepertinya tidak ada perubahan yang mencolok dalam hal desain keamanan. Kunci kontak yang berjenis minus ini, buat para maling sangat gampang dibobol. Karenanya para pemilik kendaraan sepeda motor harus mengeluarkan uang tambahan untuk membuat kunci ganda, untuk meminimalisir para maling dapat membobol dan membawa kabur sepeda motornya. Kunci ganda yang digunakan pemilik kendaraan sepeda motor dapat berupa mengganti kunci kontak motor dengan jenis bintang, atau membuat kunci rahasia, ataupun menggunakan gembok di rem cakram. Hal ini cukup efektif dan membuat frustasi para maling dan memilih sasaran lain yang lebih mudah karena mereka dituntut kerja cepat atau bisa dihakimi masa dan tidak jarang menyebabkan kematian bila ketahuan mencuri motor.

Untuk itu sudah saatnya-lah para produsen kendaraan sepeda motor membuat inovasi dan desain kunci kontak yang baru. Kita berharap para produsen sepeda motor ini tidah hanya menginovasi dalam hal mesin dan penampilan saja, tetapi juga kunci kontak yang retan di bobol. Sejauh ini Honda sudah mencoba menginovasi Kunci Kontak pada beberapa sepeda motor keluaran terbarunya walaupun hanya sebatas pelindung kunci kontak saja. Pelindung Kunci Kontak ini harus dibuka dengan kunci khusus yang berbentuk bulat, sehingga para penjahat harus bersekolah lagi bagaimana cara membuka kunci jenis ini. Bagaimana dengan dengan produsen lain seperti Yamaha yang di Indonesia sebagai kompetitor berat Honda di segmen pasar sepeda motor. Masihkah akan menggunakan Kunci Kontak yang lama..??

1 komentar:

Betul..kejahatan terjadi bukan hanya karena niat pelakunya tetapi juga karena ada kesempatan. Jadi memang saatnya pabrikan motor merevolusi kunci sepeda motor buatannya supaya lebih aman.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More