20 February 2009

Kapasitas Maksimal Phonebook

Ketika anda ditanya, berapakah handphone atau PDA anda dapat menyimpan contact number / nomer telephone di phonebook anda, apakah anda bisa langsung menjawabnya..!!?? ataukah berdiam diri sejenak dan berpikir "Berapa ya..!!!?". Atau mungkin saja banyak diantara anda yang akan menjawab tidak tahu berapa kapasitas penyimpanan phonebook handphone anda. Karena memang hal-hal seperti ini jarang sekali diperhatikan. Yang lebih diperhatikan ketika anda membeli handphone atau PDA biasanya fasilitas yang tersedia di handphone seperti kamera, pemutar musik, radio, dll.

Tentu saja untuk setiap handphone dari generasi ke generasi berbeda-beda mengenai kapasitas phonebooknya. Kita semua tahu, handphone generasi lama kebanyakan hanya mengandalkan kapasitas phonebook di kartu SIM saja. Kisaran data phonebook yang bisa ditampung adalah sekitar 200 contact saja. Karena kapasitasnya yang kecil, maka data yang ditampung pun hanya sebatas nama dan nomor telephone saja. Lain halnya dengan handphone generasi sekarang. Sesuai dengan perkembangan zaman, memori penyimpanan phonebook pun sudah tidak mengandalkan kartu SIM lagi, tetapi menggunakan memori phonebook yang ada di handphone. Selain daya tampung yang lebih banyak, data yang disimpan pun tidak hanya nama dan nomor telepon saja tapi data lainnya seperti alamat rumah, alamat email, dll.

Begitupun halnya di PDA, data dari suatu contact yang bisa dimasukan sangat beragam, mulai dari nama, nomor telepon rumah, nomor telepon kantor, nomor fax, alamat rumah, alamat kantor, alamat email, alamat IM, Peger, tanggal lahir, photo, dll. Maka dari itu, sebagian orang menyebutnya sebagai outlook contact. Untuk setiap outlook contact yang dibuat, memiliki ukuran memori yang berbeda-beda tergantung data yang diinput. Untuk satu contact yang hanya diisi nama dan nomor telpon saja tentu ukuran memorinya akan lebih kecil jika dibandingkan dengan contact yang diisi nama, nomor telpon, alamat, dll. Maka dari itu, di PDA tidak bisa ditentukan berapa ratus atau ribu contact yang bisa ditampung, tetapi tergantung dari ukuran memori yang tersedia. Misalkan saja di PDA HTC keluaran terbaru, memori yang tersedia untuk phonobook dan appointment ( data PIM ) sebesar 64MB. Jika satu contact yang diisi semua data-datanya menghasilkan ukuran memori 10KB misalnya, tinggal kalkulasikan saja berapa jumlah contact yang bisa ditampung..!!??

1 komentar:

Bener bang, untuk PDA maupun HP sekarang lebih sering disebut outlook contact dan berapa jumlah contact yg disimpen tergantung kapasitas memori.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More