05 February 2009

Backup Data PIM

Data merupakan suatu hal yang sangat penting bagi semua orang terutama data kontak/phonebook. Dan anda tentu tidak ingin kehilangan contact ini di handphone anda. Di PDA-PDA lama yang masih berbasis Windows Mobile 2003, potensi kehilangan data ini lebih besar dibandingkan dengan Windows Mobile 5 dan generasi penerusnya, karena pada PDA Windows Mobile 2003 jika anda cabut batre untuk beberapa menit saja, semua data akang langsung hilang. Bagaimana dengan Windows Mobile 5 dan penerusnya seperti Windows Mobile 6 dan Windows Mobile 6.1 ?

Walaupun di Windows Mobile 5, Windows Mobile 6 dan Windows Mobile 6.1 jika cabut batre semua data tidak hilang tapi suatu waktu atau dalam keadaan terdesak kita pasti melakukan apa itu backup data. Misalkan saja, jika PDA anda suka hang dan terasa lambat karena terlalu banyak aplikasi dan anda berniat untuk melakukan hard reset maka anda tentu harus membackup data-datanya dulu dong klo tidak ingin kehilangan data-datanya minimal kontaknya deh. Tapi bagaimana jika anda tidak ada aplikasi untuk backup data atau anda sedang tidak berada dekat dengan komputer untuk membackup data dengan cara melakukan synchronize..? Ada satu cara yang cukup praktis yang bisa dilakukan yaitu dengan cara mengcopy suatu file yang dinamakan PIM. Tapi saya sarankan cara ini dilakukan apabila keadaan terdesak dan tidak ada cara lain untuk membackup data. Kenapa..?? Karena saya hanya mencoba merestore/mengembalikan data file PIM ini ke PDA yang mau di hard reset saja dan bukan merestore ke PDA lain. Saya memang pernah mencoba merestore PIM saya dari O2 Atom Exec ke MWG Zinc II dan berhasil. Namun ketika saya mencoba merestore PIM tersebut ke DOPOD file tersebut tidak terbaca dan menu kontaknya tidak bisa kebuka. Itulah kenapa saya menyarankan cara ini dilakukan bila keadaan darurat.

Jadi bagaimana caranya membackup file PIM ini..? Standarnya di semua handphone dan PDA terbaru memiliki file penyimpan data kontak dan appointment yang diberi nama PIM. Kalau di PDA, file ini bisa anda temukan menggunakan file explorer PDA pada folder My Device. Ukuran file ini variatif tergantung banyaknya data kontak dan appointment. Semakin banyak kontak dan appointment maka semakin besar pula ukuran filenya. Untuk membackupnya anda tinggal copy saja file ini ke memori card. Sementara untuk merestore data PIM file ini ada sedikit trik yang harus dilakukan. Untuk merestore/mengembalikan data backup file PIM yang terdapat pada memori card, anda hanya tinggal mengcopykan file PIM yang sudah dicopy ke memori card tadi ke folder My Device. Tapi, anda tidak bisa mengcopy dan menumpuk file PIM yang sudah ada di folder My Device karena file PIM yang ada di My Device digunakan oleh sistem, file tersebut tidak bisa ditumpuk apalagi dihapus. Caranya, copy PIM yang ada di Memori Card, kemudian masuk ke folder My Device, sebelum melakukan paste, rename file PIM yg ada di folder ini dengan nama lain, setelah itu baru lakukan paste. Restartlah PDA anda, karena PDA masih menggunakan PIM yang anda rename tadi. Setelah restart data kontak pun akan kembali seperti semula sebelum anda melakukan hard reset.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More