01 November 2008

GPS Di PDA

Tentu anda sudah mengetahui apa itu GPS kan..?? GPS atau singkatan dari GlobaL Positioning System akhir-akhir ini lagi ngetren temasuk pula di kalangan pengguna PDA, karena PDA-PDA keluaran terbaru sudah mulai menyertakan GPS didalamnya dan ini tentunya menarik minat para pengguna PDA untuk memilikinya.

GPS seperti halnya teknologi CDMA, pada mulanya digunakan hanya oleh kalangan militer terutama di Amrik. Dalam perkembangannya GPS mulai dipakai secara luas dikalangan umum hingga akhirnya bisa digunakan pula oleh kita. GPS sendiri digunakan untuk penunjuk arah dan menentukan koordinat posisi kita. Koordinat ini kemudian diaplikasikan kedalam sebuah peta dan dari situ kita kemudian dapat mengetahui kita sekarang ini sedang ada dimana.

Di PDA, terkadang pengguna ada yang bertanya apakah menggunakan GPS memerlukan pulsa. Jawabannya adalah TIDAK, karena GPS yang ada di PDA pada umumnya berhubungan langsung dengan satelite-satelite yang banyak beredar di angkasa oleh karenanya tidak memerlukan pulsa untuk menggunakannya.

Jadi, bagaimana untuk memfungsikan GPS di PDA ini..? Hal pertama tentunya adalah PDA anda harus memiliki GPS modem didalamnya. PDA yang sudah built-in dengan GPS yang saya ketahui antara lain adalah HTC TYTN II, HTC Touch Diamond, Imate 9502, Mwg Zinc II dan Mwg Atom V. Setelah itu anda harus menginstall software GPS, ada banyak software GPS yang beredar antara lain Garmin, Nusamap, ataupun Mapking. Sejauh ini yang sering dipakai adalah Mapking karena tidak terlalu berat untuk dipakai di PDA cuma sayangnya peta yang ada hanya Jakarta saja. Sementara untuk Nusamap menawarkan peta Jawa Bali dan untuk internasional bisa menggunakan Garmin. Jika sudah terinstall di PDA, anda tinggal nyalakan saja GPSnya dan selanjutnya jika PDA sudah terhubung ke beberapa satelite maka software GPS dan petanya akan menunjukan posisi kita sedang berada dimana. Satu kelemahan GPS di PDA ini adalah tidak bisa mendeteksi satelite ketika kita berada dalam gedung.

2 komentar:

kalo o2 IIs mohon pencerahannya dong?

pencerahan tentang apa mas zopaga? GPS? IIs ya..? bisa ga ya..? yang jelas mas zopaga harus beli modem GPSnya dulu / receivernya karena IIs blom built in GPS modem, setelah itu instal software GPSnya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More