24 October 2008

Tidak Bisa Syncronize

Melakukan sinkronisasi antara PDA dengan PC atau Laptop menggunakan Microsoft ActiveSync di suatu kesempatan terkadang tidak berjalan dengan lancar alias error. Dari banyak kasus yang sering ditemui, error yang yang paling banyak adalah ketika tiba-tiba pengguna tidak bisa melakukan sinkronisasi PDA ke PC atau Laptop padahal sebelumnya lancar-lancar saja melakukan sinkronisasi data seperti Contact, Task dan Appointment.

Berikut langkah-langkah yang mungkin dapat membantu mengatasi masalah ini. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan me-remove dan kemudian menginstall ulang Microsoft ActiveSync di komputer atau Laptop anda, saya sarankan untuk menggunakan versi 4.5. Bila belum berhasil kita masuk ke langkah kedua yaitu dengan mematikan firewall dan bila perlu matikan juga fungsi antivirus, terkadang firewall atau antivirus memblok port komunikasi yang digunakan untuk melakukan komunikasi antara PDA dan Komputer atau Laptop.

Jangan putus asa bila langkah kedua tidak bisa juga menyelesaikan masalah. Kita coba langkah ketiga. Sekarang kita beralih ke PDA. Cari menu USB to PC di PDA anda, biasanya ada di Start - Setting - Connections - USB to PC. Hilangkan tanda centang yang terdapat pada Enable Advanced Network Funtionality. Menu ini biasanya digunakan untuk mengaktifkan fungsi RNDIS yaitu suatu fungsi untuk menjalankan Internet Sharing yang memungkinkan anda mensharing koneksi GPRS anda ke Komputer atau Laptop. Di beberapa PDA seperti O2 Atom Life didalam menu USB to PC ini terdapat beberapa pilihan, dalam kasus yang sedang kita bahas maka yang harus anda pilih adalah Serial Sync Mode.

Sebelum melangkah ke langkah selanjutnya tentunya bila masih belum bisa juga, saya sarankan untuk mencoba sinkronisasi dengan komputer atau laptop lain untuk memastikan sumber masalah apakah ada di PDA anda ataukah Komputer/Laptop anda karena langkah selanjutnya yang harus dicoba adalah dengan melakukan proses hard reset di PDAnya yaitu mereset PDA ke standar default manufacture/pabrik dan itu artinya semua data yang ada di PDA akan hilang. Langkah terakhir bilamana PDA yang sudah di hard reset juga tidak menyelesaikan masalah, maka kemungkinan masalah ada di Hardware PDAnya dan anda harus datang ke tempat servicenya untuk melakukan pengecekan ataupun service. Sebelum datang ke tempat service, pastikan bahwa kabel data yang anda gunakan tidak mengalami masalah.

6 komentar:

sy pk WMDC coz laptop pk vista.jdnya contact g bs update mulu.g bs d cek lis di laptopny.yg bs cm data aj.g tau knp.gw pk atom life.

Data contact, appoinment, task akan disinkronisasikan ke microsot outlook komputer, outlook yang dipakai minimal harus microsoft outlook versi 2003 dan sampai saat ini saya masih merekomendasikan penggunaan microsoft outlok 2003 ini, karena saya masih suka menjumpai error di microsoft outlook 2007 ketika melakukan sinkronisasi.

caranya sync ma outlook gmn??
sy pk yang 2007

buka program microsoft outlook di komputer, lalu tinggal colok deh kabel datanya, lalu nanti ada menu untuk melakukan sync, lalu tinggal pilih aja data apa aja yang mau di sync

Terimakasih banyak Mas! Setelah baca posting ini, XDA Atom Life saya sdh bisa disynchro dg MS Outlook 2003. Tadinya saya kira ada masalah di kabel (saya pakai kabel non ori).
Tapi kadang2 di PC muncul kalimat "Microsoft Exchange Attention required". Maksudnya apa ya, Mas? Maklum Gaptek. Thanks.

saya tidak tahu persis apa penyebabnya, tetapi Microsoft Exchange sendiri digunakan untuk push email yakni mengelola email di PDA layaknya di blackberry

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More