Jasa Isi Aplikasi iPad/iPhone

Bagi anda yang mau mengisi aplikasi game atau aplikasi lainnya seperti office / productivity ataupun tools lain untuk iPad / iPhone / iPod Touch

Blackberry Z3

Smartphone BlackBerry® Z3, Jakarta Edition hadir dengan BlackBerry®10 dalam layar 5”

shadut dot com

Welcome to shadut.com. Selamat datang di website shadut.com. Mulai tanggal 3 januari 2010, link blog ini yang biasa diakses di http://shadut.blogspot.com, beralih dan dapat diakses dengan menggunakan alamat www.shadut.com.

Kasenian Sunda Sisingaan

Kasenian Sunda Sisingaan dari Subang Propinsi Jawa Barat - Indonesia khususnya di tempat saya di Kecamatan Kalijati umumnya digelar pada acaran hajatan sunatan anak-anak.

Blackberry Curve 8520

Pengguna Blackberry di Indonesia kini bisa merasakan Handheld keluaran terbaru dari Research In Motion ( RIM ) setelah beberapa saat tertahan akhirnya resmi dirilis di Indonesia.

29 November 2007

Hilang Konsentrasi...

Entah kenapa akhir-akhir ini sulit sekali berkonsentrasi, terutama untuk membuat artikel, entah apa yang terjadi, entah apa yang sedang dipikirkan, entah apa juga yang sedang dilamunkan, ga jelas.., saking banyak yang dikhayalin sampe-sampe pusing, pusing karena ternyata hanya sebatas lamunan saja, bukan realita. Bukankah harus diwujudkan...? Tetap Semangat...!!!

Lihat saja postingan terakhir saya hingga postingan kali ini, terdapat jeda lebih dari dua hari. Biasanya saya memposting artikel blog selalu rutin yaitu dua hari sekali ( ini sekalian sebagai pengumuman ya buat pembaca dan pecinta blog ini bahwa kite biasanye postingnya dua hari sekali). Ya hanya baru sebatas inilah kemampuan saya untuk tetap menulis. Pernah saya baca dalam suatu artikel blog, bahwa dalam memposting di Blog itu yang terpenting adalah rutin, bisa sehari sekali, dua hari sekali, tiga hari sekali, seminggu sekali, asal jangan sebulan sekali kali ye..., terlalu lama dong ah... Tapi menurut saya yang paling ideal adalah ya satu hari sekali. Tapi itu juga dikembalikan lagi kepada yang bersangkutan akan kemampuan dalam berpikir dan menuangkan pikirannya kedalam tulisan.

Saya sendiri memang akhir-akhir ini sibuk dengan rutinitas kerja, tapi biasanya hal tersebut tidak cukup mengganggu saya dalam menulis, karena dalam menulis tidak pernah saya lakukan dalam waktu bekerja tetapi diwaktu luang saya di rumah daripada dipake buat melamun. Mungkin saya terlalu banyak berpikir kali ya..? Ataukah memang saya sudah kehilangan ide dan kreatifitas blogging? Karena dalam membuat artikel, biasanya saya selalu mendapatkan beberapa judul yang telah dibuat, tapi kali ini ketika dicoba untuk dikembangkan menjadi suatu artikel, selalu saja mentok, saya tidak mampu untuk merangkai kata-kata. Setiap kali selesai membuat beberapa kalimat hingga jadi satu paragraph dan saya baca lagi, sungguh terasa aneh dan rancu dibacanya. Ah bingung deh..., Sebetulnya untuk kali ini saja saya sudah mempunyai 4 judul yang belum bisa dikembangkan. Cukup untuk mengisi blog selama 8 hari. Terkadang dalam sehari bisa menyelesaikan 2 hingga 3 judul, kadang juga cuma 1 judul. Tapi biasanya kalau mendapatkan beberapa judul seperti itu, saya selalu berusaha untuk menyelesaikannya dalam satu hari, ya maksimal 3 judul deh dalam sehari biar bisa nyantai di hari berikutnya. Dari beberapa judul terakhir yang sudah terpikirkan tersebut hingga kini belum ada yang jadi satupun, malah artikel ini yang keluar, sebagai bentuk curhatan akan apa yang sedang terjadi dengan saya. Memang sih saat ini saya selalu kepikiran ingin mengubah tampilan blog saya yang hingga kini belum terealisasi, terutama saya ingin merubah background header saya, saya coba otak-atik css templatenya, tapi ga bisa-bisa, cape deh... Ada yang bisa bantu...?

23 November 2007

BlOg Template

Saking asyiknya browsing sana sini mencari blog tamplate, saya sampai lupa untuk membuat postingan artikel Blog. Tadinya sih saya berencana ingin mengganti kulit Blog ini setelah banyak melihat blOg temen-temen yang lain sangat bagus-bagus tampilannya. Jadi ngilerrrr.. Ya..., dengan tampilan yang bagus tentunya akan membuat banyak pengunjung tertarik dan lebih berlama-lama di Blog kita.

Seperti yang telah dibilang diatas, saya memang ingin memperbaiki dan memperganteng tampilan blog saya. Berhubung kemampuan yang terbatas akan bahasa HTML, alternatif lain yang coba saya gunakan adalah dengan cara instan yaitu dengan mengunakan template gratis yang banyak tersebar di internet walaupun ada sedikit keragu-raguan kalau tidak boleh dibilang ketakutan, karena mungkin saja didalamnya terdapat kode-kode / script - script yang mungkin berbahaya. Makanya diperlukan sedikit kehati-hatian jika akan memasang template baru ini. Yang saya lakukan dalam hal mencari template ini adalah dengan mengambil referensi dari blog-blog terkenal yang kebetulan memasang template lain juga (bukan standard bawaan blog). Mungkin ini hal ini akan memberi sedikit ketenangan.

Setelah seharian mencari sana-sini sama mbah google..., ternyata sulit juga mencari templeta yang tepat dan bagus. Sepertinya masih sangat jarang ya template buat blogger. Soalnya dari hasil pencarian kebanyakan yang saya temukan dan templatenya bagus-bagus adalah format untuk Wordpress. Setelah didapat ternyata pula tidak bisa sekali pasang langsung jadi. Ada saja yang kurang bahkan yang hilang menu-menunya. Diperlukan sedikit utak-atik lagi untuk menjadikannya sempurna. Hhhmmm....., tidak mudah ya....!!!??

21 November 2007

Sisingaan

Ada yang berbeda ketika saya menyaksikan Kesenian Tradisional asal kota Subang yaitu Sisingaan ketika saya pulang ke kota kelahiran saya. Ya..., saya adalah seseorang yang dilahirkan di sebuah Desa / Kecamatan bernama Kalijati Kab. Subang Propinsi Jawa Barat. Bagi anda yang bergelut dengan Sejarah Nasional Indonesia seharusnya pasti tahu mengenai Kalijati. Karena di kota kecil inilah penjajah Belanda menyerah kepada Jepang.

Saya biasanya melakukan PulKamp 2 minggu sekali karena jarak tempuh kendaraan umum dari Jakarta ke Kalijati hanya memakan waktu 3 jam saja atau kalau mengacu pada kilometer kurang lebih 200 Km. Ada beberapa teman-teman yang terheran-heran kenapa ko bisa cepet sih, cuma 3 jam, padahal jarak tempuhnya 200 Km lebih. Itu disebabkan karena rute kesana sebagian besar melewati jalan tol, selebihnya kurang lebih 40 Km adalah jalan biasa. Mungkin kalau tidak disertai macet dan menggunakan kendaraan mobil pribadi bisa kurang dari 3 jam bahkan mungkin bisa mencapai 2 Jam.

Kembali pada Sisingaan, Sisingaan sendiri adalah merupakan kesenian tradisional asal Subang yang mengusung sebuah replika / patung berbentuk Singa yang biasanya ditunggangi oleh anak kecil dan digotong / diusung oleh 4 orang. Konon katanya menurut sejarah, sisingaan ini merupakan bentuk perlawanan rakyat Subang kepada kaum penjajah dengan membuat patung singa yang menyimbolkan kaum penjajah. Sisingaan tersebut ditunggangi oleh seorang anak kecil berpakaian Gatot Kaca yang menyimbolkan kepahlawanan dan pembela kaum tertindas. Dengan ditungganginya sisingaan tersebut oleh Gatot Kaca dapat diartikan sebagai perlawanan dan penaklukan terhadap kaum penjajah. Sisingaan sendiri hingga saat ini biasa digelar bilamana ada keluarga yang akan mengadakan hajatan sunatan anaknya. Sisingan ini akan diarak keliling kampung sebagai media pemberitahuan akan adanya keluarga yang menggelar hajat sunatan. Nah…, ketika Pulkam, saya berkesempatan kembali menyaksikan Sisingaan tersebut yang lewat depan rumah. Ada yang beda seperti yang sudah saya bilang diatas tadi. Sudah terjadi beberapa pergeseran dalam Sisingaan ini. Yang jelas terlihat adalah iringan musik yg menyertai Sisingaan ketika melakukan arak-arakan. Dulu ketika masih saya kecil iringan musik dari Sisingaan adalah musik jaipongan, entah kenapa yang sekarang digunakan adalah musik Dangdut dan atau musik Tarling.
Sungguh sangat disayangkan. Ini mungkin karena yang mengikuti arak-arakan kebanyakan adalah anak muda sambil berjoget ria sepanjang arak-arakan. Umumnya orang-orang sekarang apalagi anak muda, dalam hal musik selalu mengikuti perkembangan jaman. Begitu pula yang terjadi pada Sisingaan yang kebanyakan diikuti oleh anak-anak muda yang haus joget, musik Dangdut atau Tarling dinilai cocok. Sementara nilai-nilai seni musik jaipongan dirasa sudah tidak masuk lagi dEngan perkembangan jaman. Sekali lagi sungguh sangat disayangkan. Sudah seharusnyalah kita memelihara kesenian tradisional sebagai nilai budaya yang harus dilestarikan sebagai wujud citra diri dan bangsa.


19 November 2007

Macet di Djakarta

Huuhhh……, Macet lagiiiii macet lagiiiii…, stressss dech…, Pagi ini saya melakukan perjalanan pergi kerja dari Bekasi ke Grogol, maceeeetttttnyaaa minta ampuuuun. Kendaraan susah banget bergeraknya…, sampai-sampai telat banget masuk kerja… :( Perkara kemacetan lalu lintas sepertinya sudah menjadi makanan pokok sehari-hari masyarakat Jabodetabek, tetapi mungkin juga di kota besar lainnya seperti Bandung, Surabaya dan lainnya, hanya saja mungkin tidak atau kurang terekspos oleh media.

Berbicara tentang kemacetan lalu lintas di Jakarta, rasanya saya bosan dan cape membicarakannya ataupun sekedar mendengarkannya. Banyak sekali yang mengeluh dan kadang sedikit mencaci disebabkan kemacetan lalu lintas ini terutama jam-jam rutinitas kerja. Sebenarnya apa atau siapa sih yang salah atas problematika yang satu ini? Yang terjadi dan yang saya lihat kemudian adalah saling menyalahkan satu sama lain. Ada yang menyalahkan kendaraan sepeda motor, ada yang menyalahkan pembangunan jalur busway ataupun yang lainnya.

Tapi menurut pandangan saya, kemacetan lalu lintas ini terutama jam-jam rutininitas kerja cenderung lebih banyak disebabkan oleh kendaraan pribadi roda empat, dan kurang tepat menyalahkan pengendara sepeda motor yang jumlahnya susah untuk dihitung.., walaupun sebenarnya pengendara ini memberikan andil pula atas masalah ini. Lihat saja jalan tol yang seharusnya bebas hambatan dan tidak dilalui kendaraan sepeda motor tetap saja maceeeeetttt. Setidaknya itu yang saya rasakan dalam perjalanan Bekasi - Grogol. Malahan ketika ada rencana kenaikan tarif tol, para pengendara ini ramai-ramai protes dan meminta haknya terlebih dahulu untuk meningkatkan kualitas layanan atas jalan tol, " setiap hari macet..., ko minta naik, saya sih berharap.., tingkatkan dulu lah kualitas layanannya.." ujar salah satu pengendara roda empat ketika diwawancara oleh salah satu stasiun tv mengenai rencana kenaikan tarif tol. Saya langsung bingung ( maklum orang bodoh ), mau diapakan lagi jalan tolnya supaya tidak macet, mau dilebarin..? Mungkinkah? Kalau ruas Pondok Gede Timur - Cikampek sih mungkin saja, tapi lihat ruas Cawang - Grogol, kanan kiri jalan umum dan gedung-gedung, apa mungkin menggusur gedung-gedung sepanjang jalan tersebut? Atau lihat pula jalan Sudirman - Thamrin, sampingnya adalah gedung-gedung bertingkat, apa masih mungkin menggusur gedung - gedung tersebut? Jadi wajar penilaian saya terhadap pengendara roda empat ini. Kerena banyak sekali saya melihat ketika saya diperjalanan ( saya pengguna angkutan umum bis ), masing-masing orang membawa mobil pribadinya untuk beraktifitas / pergi ke kantor dan setelah saya lihat ke dalam mobilnya banyak yang hanya sendiri, seolah-olah saling berlomba membawa mobil. Sehingga saking banyaknya, jalan sudah mulai tak sanggup menampungnya. Kadang terlintas di pikiran saya, katanya negara kita ini termasuk negara miskin, tetapi ko banyak orang yang mampu untuk mempunyai mobil.

Mungkin satu-satunya cara atas masalah ini adalah menyadarkan para pengguna mobil pribadi untuk menggunakan angkutan umum untuk pergi / pulang kerja dan menghilangkan keegoannya bahwa saya punya mobil dan ingin menunjukan kemapanan finansialnya. Itu sih hal yang wajar dan sah-sah saja. Tapi saya yakin, kebanyakan pengendara mobil ini menggunakan mobilnya untuk pergi dan pulang kerja saja selebihnya diparkir di parkiran kantor dan tidak digunakan untuk aktifitas kerja lainnya. Disisi lain, untuk menggunakan angkutan umum ternyata kualitasnya masih jauh dari harapan, seperti faktor kenyamanan ataupun keamanan. Dan ini tentu menjadi PR bersama terutama buat Pemerintah.
Dedicated to : opini@kompas.com / opini@kompas.co.id

16 November 2007

Jeyo Mobile Extender

Ketika saya sedang mencari-cari driver modem untuk O2 Atom di komputer saya atas permintaan seseorang, saya sedikit kebingungan karena pada awalnya beliau meminta driver untuk O2 Atom Exec tapi ternyata di email beliau meminta driver untuk O2 Atom Life dan pada kenyataannya saya belum memiliki copy-an CD bawaan dari O2 Atom Life.

Pada akhirnya yang saya berikan adalah driver untuk O2 Atom Exec untuk prepare jika masih diperlukan karena masih keluarga atom. Sebelumnya saya telah mencoba driver O2 Atom Exec ke O2 Atom biasa dan bisa bekerja. Sementara itu, yang telah saya coba dalam menggunakan O2 Atom Life yang dijadikan sebagai modem via GPRS tidak memerlukan driver apapun. Anda tinggal jalankan Internet Sharing di PDA -> Connect GPRS dan Colok USB Cable selanjutnya tinggal browsing internet di PC anda. Adapun komputer saya menggunakan Microsoft XP SP2 dan Microsoft ActiveSync 4.5 dan tak lupa pula settingan koneksi USB di PDAnya harus pada RNDIS Sync Mode.

Kembali kepada judul postingan ini, ketika saya mencari driver yang saya ceritakan diatas, saya menemukan folder berisikan Joye Mobile Extender pada copy-an CD bawaan O2 Atom Exec ini. Jeyo yang satu ini adalah masih saudaranya dari Jeyo Mobile Companion. Sebagaimana diketahui bahwa Jeyo Mobile Companion adalah software yang digunakan untuk membackup data-data contact dan SMS anda ke komputer. Nah untuk yang extender anda ternyata bisa terintegrasi ke Microsoft Outlook. Anda pun bisa mengirim SMS dari MS Outlook anda tentunya setelah PDA anda syncrones ke komputer. Saya belum tahu pasti apakah yang Extender ini berdiri sendiri atau harus ada Jeyo Mobile Companion karena ketika mengetesnya, di komputer saya sudah terinstall Jeyo Mobile Companion. Selama ini saya biasa merekomendasikan kepada para pengguna untuk mendownload di situs milik Jeyo, tapi ternyata baru tahu sekarang bahwa software tersebut ada pada CD bawaannya terutama O2 Atom Exec.... :-D

Roy Martin..., Narkoba...!!??

Kenapa ya saya kalau menyimak berita di TV selalu selalu setengah-setengah. Itu pula yang terjadi ketika menyimak berita tentang tertangkapnya kembali seorang artis senior Roy Martin yang tersandung kasus Narkoba shabu-shabu untuk yang kedua kalinya oleh aparat kepolisian di Surabaya.

Diberita tersebut sekilas saya mendengar pernyataan dari seorang anaknya bahwa ayahnya itu sedang melakukan pengobatan. Pengobatan ini yang saya tangkap adalah pengobatan dengan metode memberikan shabu-shabu kepada pecandu tersebut dengan takaran yang terus menerus dikurangi hingga akhirnya tidak menggunakan sama sekali. Mengherankan sekali....!! Ingin rasanya memutar kembali tayangan tersebut untuk memastikan kebenarannya.

Saya tidak tahu pasti, apakah benar adanya metode pengobatan ini terhadap pencandu narkoba shabu-shabu, yang metodenya sama seperti pada pecandu rokok yaitu mengurangi secara bertahap penggunaan rokok. Misalnya dalam satu hari seseorang merokok sebanyak satu bungkus, hari berikutnya setengah bungkus, terus..terus..dikurangi hingga akhirnya tidak merokok sama sekali. Apakah metode ini juga bisa diterapkan pada pecandu shabu-shabu? Menurut saya tidak ya..., karena efek ketagihan shabu itu berbeda dengan rokok. Shabu menimbulkan efek halusinasi sementara rokok tidak walaupun dikonsumsi secara berlebihan. Dari halusinasi tesebut menghasilkan sensasi yang luar biasa yang bisa membuat ketagihan pada penggunanya. Jadi metode tersebut diatas tidak bisa diterapkan karena penggunaan sekecil apa pun akan terus menerus menimbulkan ketagihan. Yang jelas diperlukan keinginan yang teguh dan kebulatan tekad untuk bisa berhenti menggunakan Narkoba disertai dukungan dan do'a dari orang-orang tercinta. HINDARI DAN JAUHI NARKOBA....!!!

13 November 2007

Nabung Doonggg ...!!??

Sungguh benar-benar saya merasa orang yang bodoh. Banyak sekali dalam segala hal di dunia yang tidak saya mengerti dan pahami. Maklumlah pendidikan yang tidak memadai. Dan sungguh pula pendidikan itu benar-benar sangaattt penting. Tapi sayang orang tua tak mampu untuk menyekolahkanku dengan alasan biaya. Makanya nabuuungggg dooonnnggg...!!?? Nabung apaan....!!!?? Yang mau ditabungnya juga ga ada...!!!

Masih berbicara tentang menabung utamanya di bank, banyak sekali bank-bank yang menawarkan banyak hadiah undian mulai dari yang paling murah hingga paling mahal, mulai dari payung hingga mobil-mobil mewah sekelas mercedes benz bahkan jumlahnya bisa puluhan ataupun ratusan. Saya tidak habis mengerti, kira-kira dari mana ya bank mendapatkan uang untuk membeli hadiah-hadiah itu..? Tentu kalau dihitung nominalnya bukan jutaan lagi tapi bisa jadi miliaran rupiah... Kalau menurut perkiraan saya sih ya tentunya uang tersebut dari nasabah-nasabah juga. Apalagi kalau bukan potongan tiap bulannya dari uang kita. Semakin tinggi hadiah yang ditawarkan oleh bank, maka akan semakin gede juga bank memotong uang kita. Misalkan saja saya menabung sebesar 100 ribu rupiah di bank A yang menawarkan hadiah undian 20 mercedes benz dan tiap bulannya ada potongan biaya administrasi dll sebesar 5000 rupiah. Dalam jangka waktu satu tahun uang yang 100 ribu tersebut boro-boro bisa bertahan 100 ribu apalagi bertambah, yang ada malah menyusut menjadi 40 ribu rupiah, dan sisanya yang 60 ribu rupiah dihabiskan untuk potongan bank. Ironisnya yang mendapatkan hadiah itu rata-rata orang yang menabung dengan jumlah yang tinggi yang notabene adalah orang-orang kaya, karena undian ini biasanya berdasarkan sistem poin. Poin ini biasanya merupakan faktor kelipatan. Kalau 1 poin dihargai 100 ribu rupiah, maka yang menabung 100 juta akan mendapatkan seribu poin. Hanya keberuntungan saja bagi pemilik 1 poin untuk bisa mendapatkan hadiah. Satu berbanding seribuuuu..., tentu anda sudah bisa menebak siapa pemenangnya. Maka tepatlah disini dengan peribahasa " Si Kaya Makin Kaya, dan Si Miskin Makin Miskin ".

Atau bisa juga bank mendapatkan uang dari yang lainnya, misalnya dari penyaluran kredit dari uang nasabah yang terkumpul. Tentu dari kredit tersebut akan ditarik bunga pinjaman kepada para kreditor. Tapi pada kenyataannya, bank-bank cenderung takut menyalurkan kreditnya, terutama kepada kelas menengah kebawah karena takut resiko uang tidak kembali atau biasa disebut dengan istilah kredit macet. Mungkin bank-bank lebih nyaman menimbun uang nasabah tersebut di bank sentral hanya sekedar untuk mendapatkan bunga bank tanpa harus repot-repot dan bersusah payah menagih-nagih kepada para kreditor jika uang tersebut disalurkan untuk kredit. Jika sudah begini, kapan perekonomian kita akan maju? Kapan pula orang-orang miskin akan berubah nasibnya menjadi lebih baik jika tidak didukung satu sama lain..?

09 November 2007

Bisnis Online

Sampai sejauh ini saya belum cukup mengerti apa yang dimaksud dengan bisnis online, karena hingga kini saya tidak tahu kepada siapa harus belajar? Bagaimana cara memulainya terus mengelolanya dan akhirnya menghasilkan. Tentunya yang namanya bisnis pastinya bertujuan menghasilkan sesuatu dalam arti income walaupun terkadang atau bisa jadi tidak sesuai dengan harapan yang ingin kita capai. Lantas, apakah blog juga merupakan bagian atau bisa dinamakan bisnis online?

Menurut pemahaman saya secara garis besar Bisnis Online adalah cara mendapatkan income / pendapatan secara online melalui media internet. Pendapatan ini bisa dihasilkan misalkan dari iklan atau menjual produk-produk secara online. Iklan sendiri bisa dengan menerima iklan langsung ataupun menjadi publisher dengan metode Pay Per Klik semisal Google Adsense. Sementara itu media yang digunakan di internet bisa dengan membuat hosting domain name sendiri ( berbayar ) ataupun yang gratisan semisal blog. Walaupun blog merupakan hosting gratisan, tetapi ternyata tidak sepenuhnya gratis. Bisa saja kita menjadikan blog sebagai bisnis online dengan adsense. Tetapi untuk bisa koneksi ke internetnya kita harus mengeluarkan biaya. Mungkin juga banyak diantara anda yang beruntung dengan memanfaatkan koneksi internet di kantor sebagai media penghubung. Tapi anda harus lebih pintar, karena jangan sampai aktifitas ini mengganggu dalam tanda kutip menghambat pekerjaan anda.

Dari semuanya itu ternyata diperlukan ekstra kerja keras untuk bisa mewujudkan tujuan yang ingin kita capai. Saya pernah baca di blog sebelah bahwa anda tidak boleh mengatakan sibuk untuk mengurusi blog karena orang yang berhasil adalah orang yang selalu sibuk, apalagi kalau malas, tampaknya sulit untuk mewujudkan tujuan tersebut. Setelah mempunyai domian misalkan di blog, yang sulit adalah mengelolanya untuk tetap dapat eksis dan menghasilkan. Tentunya blog harus diisi dengan sesuatu yang menarik pengunjung entah itu artikel, gambar ataupun yang lainnya. Karena semakin banyak pengunjung, semakin banyak kesempatan untuk iklan yang mungkin dikonsumsi pengunjung entah iklan yang hanya dilihat ataupun yang diklik bahkan mungkin produk yang dibeli secara online. Oleh sebab itu perlu dipikirkan akan diisi apa blog atau domain kita yang sekiranya banyak dicari orang didunia maya. Lebih bagus lagi jika isi content dari domin kita dalam bahasa inggris, karena akan dikonsumsi oleh pengguna internet seluruh dunia. Dan terakhir adalah berdoa setelah kita berusaha dan pada akhirnya bertawakal.

07 November 2007

Cuti Bersama

Sangat menarik sekali menyimak perbincangan dalam satu acara talk show di salah satu stasiun televisi swasta tentang Cuti Bersama belum lama berselang. Sehingga rasanya, saya ingin ikut nimbrung dan ikut berkomentar didalamnya ( so intelek nih.., kayak yang pinter aja…:D)

Cuti Bersama identik sekali dengan Hari Raya terutama hari raya umat islam yaitu Hari Raya Idul Fitri. Liburan Hari Raya ini biasanya paling lama dibandingkan dengan hari raya lainnya. Mungkin hal ini disebabkan karena negara kita adalah merupakan salah satu negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Oleh karena Hari Raya Idul Fitri adalah bisa dibilang Hari Raya Bersilaturahmi, maka sudah sewajarnya masing-masing individu muslim ingin berkumpul bersama keluarga tercinta di Hari Raya. Dan yang menjadi masalah adalah ada jutaan orang yang merantau untuk mencari kehidupan mulai jarak dekat hingga yang jaraknya jauh. Sehingga jatah libur dua hari yang diberikan untuk libur hari raya tidaklah mencukupi terutama yang mudik dengan jarak tempuh yang jauh. Itulah mungkin salah satu alasan pemerintah memberikan jatah libur tambahan dan disebut sebagai cuti bersama.

Yang kemudian menjadi bahasan dalam acara talk show tersebut diatas adalah seberapa efektif dan efesienkah cuti bersama tersebut? Sayang saya kurang menyimak karena sedang membuat tulisan yang lain sambil mendengarkan musik menggunakan handsfree. Saya hanya melihat pertanyaan dilayar dan hasil polling yang menunjukan hasil tidak dan ya. Mungkin yang dapat saya tangkap adalah seberapa efektif dan efisienkah cuti bersama berbanding dengan dunia kerja suhubungan dengan banyak yang bolos pas hari pertama masuk kerja. Saya merasa seolah-olah pertanyaan ini hanya merupakan nada keberatan atas panjangnya masa liburan tersebut, karena dengannya banyak yang bolos ini tidak ada hubungannya dengen efesiensi dan efektifitas kerja, hal ini hanya masalah kedisiplinan individu saja. Menitik pada istilah "Time is Money", seolah-olah seluruh bangsa ini banyak kehilangan uang dengan panjangnya liburan ini. Tapi menurut saya ( yang pemikirannya sempit… ) tidak ada pengaruh yang banyak pada negara ini dengan panjangnya liburan tersebut ( ga tau klo dari pandangan para ekonom atau ahli lainnya ). Misalkan saja dihilangkan liburan ini pun, maka tidak akan membawa kemajuan yang fantastis buat negara ini dan hasilnya saya rasa akan sama. Negara kita memang bukan negara Islam walaupun sebagian besar berpenduduk muslim. Tetapi tidak bisa pula kita hanya mengejar-ngejar duniawi dengan menghilangkan nilai-nilai rohani. Selama ini kita mendapatkan berbagai kebahagiaan dengan adanya Hari Raya Idul Fitri ini yang tentunya kita tidak ingin melewatkannya.

05 November 2007

O2 Smart Text

Setelah bahasan tentang O2 Backup yang belum lama saya posting, ternyata O2 pun mengeluarkan aplikasi lainnya berbarengan dengan O2 Backup. Aplikasi tersebut adalah O2 Smart Text. Anda yang sudah membaca postingan tentang O2 Backup dan membuka link yang saya berikan, maka akan menemukan aplikasi ini.

O2 Smart Text adalah salah satu aplikasi Phone Pad Virtual yang digunakan untuk mengetik terutama dalam mengetik SMS. Aplikasi ini dibuat oleh J&M Soft Ltd. dan telah dibeli lisensinya oleh O2 sehingga dinamakan sebagai O2 Smart Text. Seperti halnya O2 Backup, aplikasi hanya ini tersedia untuk type O2 Zinc, O2 Atom Life dan O2 Flame. Aplikasi ini sangat berguna bagi anda yang malas mencabut dan menggunakan stylus ketika akan mengetik SMS. Hal ini dikarenakan anda bisa menggunakan jari dalam mengetik seperti halnya mengetik memakai keypad pada handphone biasa. Tertarik...!!?? Silahkan kunjungi http://www.seeo2.com/o2connect/template/O2Software.vm

03 November 2007

Blog

Ada banyak tujuan membuat blog, mulai dari hobby, tempat curhat, gaya-gayaan, ingin dikenal, adsense, dll. Tapi ketika anda akan membuat blog, ada pilihan mengenai bahasa yang akan digunakan / bahasa pengantar di blog kita. Apakah isi kontennya akan berbahasa Indonesia atau Bahasa Inggris ataukah Bahasa Sunda? Sunda..!!?? Siapa yang mau bacanya..!!?? Ya tentunya orang-orang Sunda dong...:-D

Blog saya sendiri sebagaimana yang anda lihat dan baca adalah menggunakan bahasa Indonesia, karena saya cukup kesulitan bila menggunakan bahasa Inggris ( coz dulu ketika sekolah, klo pas pelajaran bahasa inggris selalu mangkir...:D ). Tapi menurut saya penggunaan bahasa Inggris di blog, tergantung tujuan kita dalam pembuatan blog. Untuk tujuan yang sederhana misalnya untuk Curhat ya mungkin sebaiknya pakai bahasa negara kita karena mungkin nantinya yang akan baca hanya masyarakat sini. Tapi jika misalkan tujuannya untuk adsense, sebaiknya gunakan bahasa Inggris karena diperlukan pengunjung dari seluruh dunia. Saya sendiri sebetulnya ingin menggunakan bahasa Inggris tapi apa boleh buat, seperti yang dibilang diatas, saya tidak mahir menggunakan bahasa Inggris.

Alasan kedua adalah mengenai kreatifitas dalam membuat artikel. Selama ini dengan menggunakan bahasa Indonesia saja saya sering tidak punya ide untuk membuat suatu artikel. Apalagi dengan menggunakan bahasa Ingris. Bisa-bisa blepotan kayaknya. Jadi sebaiknya ya pakai bahasa Indonesia saja lah..., Apa nekat aja ya pake bahasa Inggris dengan kosa kata yang amburadul…, gimana ya…? Apa coba aja…? Biar orang yang menilai kira – kira berapa skor yang akan anda berikan pada bahasa Inggris saya, atau jangan-jangan malah ga ada skornya saking amburadulnya…. :-(

01 November 2007

Manual Setting GPRS

Berikut saya uraikan kembali parameter setting GPRS untuk tiap-tiap operator GSM yang ada di Indonesia sehubungan dengan banyak yang bertanya parameter ini, bagi sebagian dari anda yang ingin membuat koneksi GPRS secara manual.

XL GPRS
APN : www.xlgprs.net
User Name : xlgprs
Password : proxl

XL MMS
APN : www.xlgprs.net
User Name : xlmms
Password : proxl

IM3 GPRS
APN : www.indosat-m3.net
User Name : gprs
Password : im3

IM3 MMS
APN : mms.indosat-m3.net
User Name : mms
Password : im3

Mentari GPRS
APN : indosatgprs
User Name : indosat
Password : indosat

Mentari MMS
APN : mms.satelindogprs.com
User Name : satmms
Password : satmms

Matrix GPRS
APN : satelindogprs.com
User Name : (kosongkan)
Password : (kosongkan)

Matrix MMS
APN : mms.satelindogprs.com
User Name : satmms
Password : satmms

Telkomsel GPRS
APN : telkomsel
User Name : wap
Password : wap123

Telkomsel MMS
APN : mms
User Name : wap
Password : wap123

Telkomsel Flash (HSDPA)
APN : flash
User Name : (kosongkan)
Password : (kosongkan)

3 (three) GPRS
APN : 3gprs
User Name : 3gprs
Password : 3gprs

3 (three) MMS
APN : 3mms
User Name : 3mms
Password : 3mms

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More