Jasa Isi Aplikasi iPad/iPhone

Bagi anda yang mau mengisi aplikasi game atau aplikasi lainnya seperti office / productivity ataupun tools lain untuk iPad / iPhone / iPod Touch

Blackberry Z3

Smartphone BlackBerry® Z3, Jakarta Edition hadir dengan BlackBerry®10 dalam layar 5”

shadut dot com

Welcome to shadut.com. Selamat datang di website shadut.com. Mulai tanggal 3 januari 2010, link blog ini yang biasa diakses di http://shadut.blogspot.com, beralih dan dapat diakses dengan menggunakan alamat www.shadut.com.

Kasenian Sunda Sisingaan

Kasenian Sunda Sisingaan dari Subang Propinsi Jawa Barat - Indonesia khususnya di tempat saya di Kecamatan Kalijati umumnya digelar pada acaran hajatan sunatan anak-anak.

Blackberry Curve 8520

Pengguna Blackberry di Indonesia kini bisa merasakan Handheld keluaran terbaru dari Research In Motion ( RIM ) setelah beberapa saat tertahan akhirnya resmi dirilis di Indonesia.

26 September 2007

Word Completion

Word Completion adalah suatu fungsi yang biasanya terdapat pada Pockets Word di Windows Mobile. Word Completion digunakan untuk mempermudah kita dalam mengetik. Fungsi Word Completion merupakan perpaduan antara fungsi spelling grammar dan Auto correct.

Pertimbangan yang digunakan untuk diadakannya fungsi Word Completion adalah terbatasnya fungsi untuk mengetik pada keyboard virtual yang terdapat di PDA. Untuk di komputer desktop dalam hal ini berkenaan dengan cara mengetik di keyboard, anda tentu bisa mengetik dengan cepat karena setidaknya anda menggunakan dua jari untuk mengetik. Sementara di keyboard virtual yang terdapat di PDA, kita tidak bisa melakukannya karena hanya mengandalkan satu ujung stylus untuk mengetik, dan tentu saja ini akan memperlambat kita dalam mengetik. Inilah yang menjadi latar belakang adanya fungsi Word Completion. Word Completion akan berfungsi ketika kita mengetik pada setiap penulisan suku kata minimal dua huruf dan seterusnya, dengan memunculkan notifikasi pilihan suku kata yang mungkin akan anda tulis. Jika cocok, anda tinggal mengklik kata di notifikasi tersebut dan PDA otomatis menuliskannya suku kata yang dimaksud secara lengkap. Hal ini akan mempercepat kita dalam menulis suatu kata. Secara default, database kosa kata Word Completion adalah dalam bahasa inggris, tapi anda jangan khawatir, karena PDA akan merekam setiap penulisan kata yang telah anda tulis untuk ditambahkan ke database Word Completion secara temporary. Artinya, PDA akan merekamnya selama anda tidak menutup Pocket Wordnya.

Jika anda menggunakan Windows Mobile 6 terutama di O2 Zinc, secara default fungsi Word Completion tidak bisa digunakan. Hal ini karena adanya fungsi tambahan pada input method yaitu XT9. Ternyata setelah saya tanyakan, fungsi Word Completionnya terintegrasi pada XT9, tidak seperti biasanya yang tergabung dengan input method keyboard. Untuk dapat memfungsikan Word Completion anda harus merubah settingan input ke XT9. Settingan tersebut ada di Start -> Settings -> Input. Pada Input Method pilih XT9. Lalu di Optionsnya pilih Use Microsoft Default Input.

24 September 2007

Windows Live Hotmail

Ketika saya tengah mencoba membuat bahasan mengenai MSN Messenger Part 1 & 2 dan mencoba menggunakan Windows Live di O2 Zinc untuk sign in ke account hotmail saya, saya mendapati beberapa email yang baru sempat dibaca saat ini, maklum jarang buka email hotmail :D, beberapa diantaranya adalah email dari Team MSN Hotmail.

Salah satu email tersebut adalah tertanggal 11 September 2007 dengan subjek " MSN Hotmail is changing to Windows Live Hotmail ". Yupss..., semenjak tanggal tersebut MSN Hotmail berubah nama menjadi Windows Live Hotmail. Perubahan ini tentu saja didukung dengan perubahan atau penambahan fitur-fitur baru. Setidaknya ada 3 perubahan yang disebutkan di email tersebut.

Yang pertama adalah adalah kustomisasi warna inbox anda, bisa anda rubah ke warna merah, hitam, hijau, pink atau yang lainnya. Kedua adalah perlindungan email terhadap spam yang bisa mengganggu dan yang ketiga yang paling menarik adalah kapasitas penyimpanan yang ditawarkan hingga 5 GB. Wow.., ruang yang sangat lega untuk menyimpan data-data anda seperti photo dan lainnya. Setiap member MSN, termasuk juga yang mempunyai account Hotmail, akan menerima email pemberitahuan ini kepada anda untuk melakukan update, ataupun bisa juga membiarkannya dan Team MSN secara otomatis akan mengupdatekannya buat anda dalam waktu beberapa minggu setelah pemberitahuan. Dengan update ini, account MSN anda masih tetap dengan alamat email sebelumnya, hanya saja ditambahkan beberapa feature yang telah disebutkan diatas.

22 September 2007

MSN Messenger (Part 2)

Melanjutkan pembahasan ( yang sebetulnya saya lebih senang disebut berbagi pemikiran) mengenai MSN Messenger di PDA O2, sebenarnya untuk mobile, Microsoft telah mengeluarkan fitur baru sebagai salah satu pembaruan MSN Messenger. Begitu juga untuk versi Desktop / PC. Fitur tersebut adalah Windows Live. Cuma sayang, fitur ini hanya terdapat di Windows Mobile 6.

Fitur dari Windows live ini mempunyai beberapa menu didalamnya, yaitu Windows Live Messenger sebagai penyempurnaan MSN Messenger, Mail untuk organize email anda, Sync, dan Live Search untuk pencarian di dunia maya. Setelah saya mencobanya, terasa sangat mudah dan terasa simpel sekali untuk mengelola account MSN anda mulai dari email, sync email dan contact, hingga chating menggunakan MSN Messenger. Cuma seperti yang disebutkan diatas, fitur ini hanya terdapat di WM6 yang notabene hanya terdapat di O2 Atom Life dan O2 Zinc.

Bagi pengguna O2 tipe lain yang ingin mencoba, terutama MSN Messenger, anda juga bisa mencoba versi beta-nya, hanya saja dalam menggunakannya tidak menggunakan Messenger Client / MSN Messenger yang terdapat di PDA tapi menggunakan Internet Explorer di PDA. Anda tinggal memasukan alamat URL http://mobile.live.com/wlm/imcl.aspx di browser PDA anda dan tinggal sign in menggunakan account MSN anda. Setelah itu anda tinggal chat menggunakan browser di PDA dengan teman-teman anda. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan kunjungi http://mobile.msn.com/pc/en-us/default.aspx.

21 September 2007

MSN Messenger (Part 1)

Beberapa dari para pengguna PDA O2 bertanya mengenai MSN Messenger di PDA terutama berkaitan dengan kegagalan untuk melakukan sign in ke MSN Messenger. Termasuk salah satunya Mr. Anonymous yang menggunakan XDA II untuk sign in MSN Messenger.

Tapi hingga kini, saya belum menemukan solusi yang terbaik untuk masalah ini. Saya pun terkadang bingung, dimana letak salahnya. Saya pernah mencoba sign in MSN Messenger ( Hotmail ) menggunakan XDA II mini sebagai saudara dekatnya XDA II dan berhasil. Begitu juga menggunakan O2 Atom pernah berhasil dan ada pula yang tidak bisa. Dan setelah didiskusikan dengan technical support saya, ada kemungkinan juga sinyal GPRS yang tidak stabil, termasuk juga ketidakstabilan server MSN Messengernya untuk versi mobile. Saya juga sudah mencoba menggunakan produk-produk terbaru dari O2 dengan menggunakan sistem Windows Mobile 6, dan hasilnya tidak menemukan kendala yang berarti untuk sign in MSN Messenger alias lancar-lancar saja. Dari itu, saya menarik berpendapat secara pribadi, bahwa masalahnya mungkin terdapat pada perpaduan dari semua yang disebutkan diatas seperti Software PDA, GPRS dan Server Mobile MSN Messenger.

Maka dari itu saya coba merekomendasikan kepada Mr. Anonymous untuk melakukan upgrade software ( ROM Versi ) dari unit XDA II-nya ke versi yang paling terakhir dikeluarkan walaupun bukan yang terbaru, karena hingga saat ini belum keluar ROM Versi yang paling baru. Mungkin hal ini disebabkan untuk tipe ini sudah mulai Discontinue. Versi terakhir dari ROM Versi yang resmi dikeluarkan O2 adalah versi 1.66. ( Bersambung...)

19 September 2007

AM : PM

Tentu anda sudah hafal dong apa yang dimaksud pada judul diatas..? Betul..., istilah tersebut biasa terdapat pada jam. AM PM merupakan format waktu yang biasa digunakan di Eropa ataupun Amerika untuk membedakan antara siang dan malam.

AM PM sendiri adalah format waktu yang digunakan untuk membedakan siang dan malam dalam satu hari. Sebagaimana diketahui bahwa hitungan jam konvensional adalah hanya sampai angka 12, sedangkan dalam satu hari terdapat 24 jam. Nah untuk membedakannya dibagi menjadi dua periode yaitu 12 jam siang dan 12 jam malam. AM PM sendiri diambil dari istilah latin yaitu Ante Meridiem untuk AM yang artinya sebelum tengah hari dan Post Meridiem untuk PM yang artinya setelah tengah hari (Wikipedia). Patokan waktu penamaan AM PM adalah jam 12 siang atau " Tengah Hari ". Periode AM adalah dari jam 12.00 malam s/d 11.59 Siang atau sebelum tengah hari, sedangkan periode PM adalah dari jam 12.00 siang s/d 11.59 malam atau setelah tengah hari. Tapi, bagi orang Indonesia format waktu ini jarang digunakan karena sedikit membingungkan, Orang Indonesia lebih mudah menggunakan format waktu 24 jam untuk membedakan waktu siang dan malam.

Di kebanyakan PDA, setting waktu yang digunakan standarnya adalah AM PM, termasuk juga di PDA O2. Untuk bisa merubahnya ke format waktu 24 jam, kita harus merubah settingannya. Di O2 Zinc misalnya, masuk menu Start -> Settings -> System -> Regional Settings. Pada tag Time, pilihlah pada kolom Time Style pilihan HH:mm:ss kemudian OK. Setelah itu format waktu di PDA anda akan berubah menjadi format 24 jam.

17 September 2007

Telkomsel Flash

Seseorang bernama Mas Anton yang katanya dari Papua meninggalkan pesan di shout box blog saya yang menginginkan saya mengulas tentang Telkomsel Flash di O2 Atom Life. Saya sendiri sempat bingung, karena saya baru kali ini dengar istilah tersebut. Saya terus bertanya-tanya dalam hati apa sih Telkomsel Flash itu...!!??

Penasaran dengan hal ini, saya coba-coba tanya kepada Mbah Google. Dan setelah keluar beberapa link dalam kolom pencarian, selanjutnya saya membuka link-link tersebut, dan yang saya buka pertama adalah link yang mengarah ke websitenya Telkomsel. Hasil dari baca-baca postingan beberapa link tersebut, saya mulai dapat memahami apa itu Telkomsel Flash. Telkomsel Flash sendiri adalah layanan koneksi data wireless berbasiskan teknologi HSDPA dari Telkomsel sebagai salah satu operator GSM di Indonesia. Sebenarnya layanan serupa pun telah dikeluarkan operator lainnya seperti dari Excelcomindo dan dari Indosat. Dari semuanya yang ada, kesemuanya masih dalam tahap pengembangan terutama yang berkaitan dengan masalah coverage atau jangkauan layanan.

Untuk settingan di O2 Atom Life sendiri, dalam menggunakan fasilitas HSDPA menggunakan Telkomsel Flash seperti yang ditanyakan Mas Anton, anda tinggal mengkonfigurasi GPRSnya saja dengan menggunakan O2 Autoconfig, pilih operator Telkomsel. Kemudian lakukan sedikit perubahan APNnya. Masuk menu Start -> Settings -> Connections -> Connections -> Manage Existing Connections. Pada Tag Modem, pastikan tanda Cek pada Telkomsel GPRS WEB. Kemudian pilih Edit.

• Enter a name for the connections : Telkomsel GPRS WEB, Select a modem : Cellular Line ( GPRS ) -> Next
• Access Point Name : flash -> Next
• User Name : kosongkan, Password : kosongkan, Domain : kosongkan
• Finish

Setelah itu anda tinggal mencobanya menggunakan internet. Apabila handset anda menangkap sinyal HSDPA, maka otomatis jika anda mau menggunakan koneksi data wireless, maka yang akan digunakan adalah koneksi melalui jalur HSDPA. Kalau tidak, maka yang akan digunakan adalah jalur GPRS/3G.

15 September 2007

xBackup

Untuk pengguna PDA O2 type-type lama seperti XDA II, XDA IIi, XDA II Mini, XDA IIs, tentu sudah paham akan masalah data yang tersimpan di unitnya, karena anda harus memperhatikan benar-benar kapasitas batre. Jika batre habis dan lupa mencharge, maka hilanglah semua data-data di PDA.

Dari semua type PDA diatas, Operating Sistem yang digunakan adalah Windows Mobile 2003 yang salah satu kekurangannya adalah tidak dapat mempertahankan data yang disimpan di PDA seperti Contact, Task, Appoinment ataupun yang lainnya jika PDA tersebut kehilangan power dari batre. Maka dari itu, harus diperhatikan kondisi kapasitas batre jangan sampai habis agar terjaga data-datanya supaya tidak hilang. Sebenarnya di unit tersebut diatas tersedia pula batre cadangan atau backup battre jika batre utama habis tapi backup batt ini hanya bisa bertahan ± 5 menit untuk mencover, karena backup batt ini lebih ditujukan jika kita ingin mengganti SIM Card yang terlebih dahulu harus mencopot batre supaya data-data kita tidak hilang.

Mengantisipasi kekurangan diatas, Windows Mobile 2003 menyediakan menu xBackup untuk membackup data-data anda. Hasil backup ini akan tersimpan di Storage PDA ataupun Storage Card. xBackup menyediakan dua pilihan backup, yaitu backup All Data untuk membackup semua data atau Contact and Appoinment only jika hanya ingin membackup contact dan appoinment saja. Menu ini anda dapat temukan di menu Start -> Program -> xBackup.

14 September 2007

Windows Mobile Certified Software Catalog

Mungkin sebagian dari anda pengguna PDA merasakan ada yang kurang mengenai program atau aplikasi yang ada di PDA anda. Anda merasa program standar yang terdapat di operating system bawaan masih kurang, sehingga anda berniat menambah program aplikasi tambahan yang rata-rata dikeluarkan dari vendor lain atau pihak ketiga.

Sebenarnya program-pogram yang ditanamkan dari sistem operasi Windows Mobile di PDA sudah cukup memenuhi kebutuhan user dalam fungsinya sebagai pengganti Laptop ataupun PC Desktop. Mungkin yang umum sering dipakai adalah fungsi office seperti word dan excel. Ada juga fitur yang lainnya seperti file explorer, modem, zip, viewer photo, windows media, bahkan internet explorer. Tapi memang kebutuhan ataupun keinginan setiap pengguna berbeda-beda. Misalkan saja, untuk memutar lagu, Windows Mobile sudah menyediakan Windows Media Player untuk memutar lagu tersebut, tapi pengguna lebih tertarik menggunakan aplikasi lain semisal Winamp for Mobile dengan berbagai alasan.

Penggunaan aplikasi lain diluar Operating System yang ada memang sudah biasa dilakukan seperti halnya di Laptop ataupun PC. Contoh yang sering terlihat adalah user lebih sering menggunkan program Winamp daripada Windows Media Player untuk memutar lagu. Hal ini pun berlaku di PDA, tapi berhubung keterbatasan yang dimiliki oleh PDA seperti kecepatan Prosesor, RAM maupun Storage dan yang lainnya, terkadang aplikasi yang ditambahkan ini bisa membuat PDA Hang, atau juga faktor lain misalnya kompabilitas dari software tersebut. Nah, bagi anda pengguna Windows Mobile yang ingin menambahkan aplikasi tambahan, ada baiknya anda mengunjungi katalog software yang telah mendapat rekomendasi dari Windows Mobile. Anda dapat mengunjunginya disni

12 September 2007

~:: Marhaban Yaa Ramadhan ::~

" Selamat Datang Ya Ramadhan ". Bulan Yang Dinanti-nantikan, Bulan Penuh Rahmat, Bulan Penuh Barokah, Bulan Penuh Pahala, Bulan Penuh Ampunan, Bulan yang didalamnya terdapat Satu Malam yaitu Malam Lailatul Qadar, Malam 1000 Bulan, Dan Barangsiapa Mendapatkan Lailatul Qadar, Maka Akan Mendapatkan Pahala Sama Dengan Pahala Beribadah Selama 1000 Bulan atau 83 Tahun.

Detik demi detik, menit demi menit, jam demi jam, hari demi hari, mingggu demi minggu, bulan demi bulan tak terasa tiba lagi bulan Ramadhan. Marilah kita sambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan suka cita karena ada salah satu hadits yang berbunyi " Barangsiapa yang menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan suka cita, maka diharamkan dirinya masuk neraka. “



Berdasarkan pengumuman dari Pemerintah Republik Indonesia Cq. Departemen Agama melalui Sidang Isbat penetapan 1 Ramadhan 1428 H, telah ditetapkan bahwa 1 Ramadhan 1428 H jatuh pada hari Kamis tanggal 13 September 2007. Sehubungan dengan hal ini, marilah kita sucikan jiwa kita dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan, untuk itu saya memohon maaf atas segala salah dan khilaf baik yang disengaja maupun yang tidak sengaja seraya terucap " Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1428 H". Fastabikhul khairat…..

11 September 2007

O2 SMS Plus

Apa sih bedanya menu O2 SMS Plus dengan menu messege biasa? Mungkin bagi anda pengguna PDA keluarga O2 Atom akan menanyakan hal ini. Tapi mungkin pula banyak diantara pengguna O2 Atom jarang menggunakannya menu yang satu ini dengan berbagai alasan.

Hal ini lebih dikerenakan letak menu O2 SMS Plus agak tersembunyi dan agak susah untuk diakses, tidak seperti halnya menu Message biasa yang terletak di halaman depan layar (Today) yang bisa langsung diakses ketika ada SMS masuk maupun jika hendak mengirim SMS. Sementara untuk bisa mengakses O2 SMS Plus harus mengakses menu Start -> Program -> O2 SMS Plus. Jadi sebenarnya apa sih perbedaan dari O2 SMS Plus ini dengan menu messege biasa?

Pada menu O2 SMS Plus, SMS yang masuk dan SMS keluar akan ditampilkan secara bersamaan dalam satu menu. Yang membedakan antara SMS masuk dan SMS keluar adalah tanda panah di samping kiri SMS tersebut. Tanda panah keatas menunjukan SMS keluar dan tanda panah kebawah menunjukan SMS masuk. Kemudian, jika isi SMS melebihi tampilan layar dari kiri ke kanan, maka isi SMS itu akan ditampilkan berjalan / bergerak dari kanan ke kiri, jadi anda tidak usah membuka SMS tersebut untuk bisa membaca semua isinya. Bisa juga SMS anda ditampilkan seperti halnya chat jika anda sedang berSMS ria dengan seseorang sehingga lebih mudah membaca SMS sebelumnya tanpa tercampur-campur dengan yang lainnya. Dan yang terakhir dan mungkin cukup menarik buat anda adalah adanya menu Schedule SMS, jadi anda bisa menentukan jam dan tanggal berapa SMS itu akan dikirimkan kepada seseorang.

08 September 2007

Nasib Telpon Umum Koin

Tukul memang sangat lucu ketika membawakan acara Empat Mata di Trans7. Tentu saya dan anda pun akan tertawa jika Tukul sedang ber-aksi. Di salah satu episode Empat Mata yang salah satunya berlatar Telepon Umum Koin ( TUK ), tukul mengatakan keharusan kita merawat dan menjaga Telepon Umum ketika salah satu parthner maen Tukul melakukan tindakan yang kurang baik terhadap Telepon Umum.

Seiring berjalannya waktu, berubah pula berbagai aspek kehidupan, termasuk juga teknologi, yang harus mengikuti perkembangan zaman, tak terkecuali Teknologi Telepon. Bicara mengenai Telepon Umum Koin, TUK masih sangat populer sekali hingga tahun 1999 dimana saya pernah bekerja sebagai engineering telephone umum koin di salah satu Vendor PT. Telkom. Saking banyaknya unit TUK yang harus di service, Telkom memberikan unit - unit TUK yang rusak itu kepada beberapa mitranya untuk di perbaiki termasuk didalamnya perusahaan dimana tempat saya bekerja. Tapi kini, nasib TUK tampaknya hanya sebagai hiasan saja karena sudah sangat jarang sekali yang menggunakannya.

Banyak sekali faktor yang menjadikan Telepon Umum Koin tergusur. Yang pertama mungkin adalah kehadiran Telephone Seluler atau Handphone yang membuat pengguna merasa praktis dalam berkomunikasi, yang membuat Pager juga ikut-ikut tergusur dengan adanya teknologi SMS di handphone. Kedua, menjamurnya Warung Telekomunikasi atau Wartel, yang membuat konsumen tidak perlu susah payah mencari-cari koin untuk nelpon. Sebagaimana diketahui, Telepon Umum Koin di Indonesia sangat terbatas untuk melakukan panggilan yang hanya bisa buat nelpon lokal saja. Mungkin inilah yang menadi pertimbangan Telkom untuk mendorong tumbuhnya Wartel. Ketiga, sedikitnya keuntungan yang didapat dari TUK oleh Telkom, hal ini banyak disebabkan oleh karena kurangnya kesadaran masyarakat terhadap TUK sebagai fasilitas umum untuk bersama-sama menjaga dan merawatnya. Tak jarang kita melihat, TUK yang dicolok-colok pake lidi, digebrak-gebrak ataupun tindakan yang lainnya yang bisa merugikan pemasukan Telkom dari TUK.

05 September 2007

Key Lock

Seorang wanita cantik menghampiri saya ketika saya sedang memainkan komputer. Sebut saja Heni. Dia menghampiri saya dengan membawa satu unit PDA O2 Zinc. Heni ingin bertanya mengenai PDA O2 Zinc yang mengalami masalah di layarnya yang gelap dan tak bisa di tap.

Setelah saya perhatikan, sepintas PDA ini seperti hang, karena gambar dilayar tampil tapi backlightnya tidak nyala dan layarnya pun tidak bisa di tap. Semula saya menyangka LCMnya yang bermasalah. LCM ini pada dasarnya adalah layar display untuk menampilkan gambar, hanya saja diatas layarnya dipasang touch screen atau layar sentuh sehingga disebut LCM. Tapi setelah saya cek lebih lanjut masalahnya hanya pada Key Lock yang ada pada sisi kiri PDA. Key Lock tersebut pada posisi ON sehingga menyebabkan pengaruh-pengaruh yang telah disebutkan diatas yang antara lain adalah layar tidak bisa ditap.

Memang.., diantara jajaran produk PDA O2, hanya O2 Zinc yang memiliki Key Lock ini. Saya beberapa kali sempat terkecoh mengenai hal ini terutama berkaitan dengan efek yang ditimbulkan. Pertama-tama saya menyangka unit PDA O2 Zinc ini bermasalah ketika saya dihadapkan pada masalah yang ditimbulkan oleh keylock ini seperti backlightnya mati dan layar tidak bisa ditap. Tapi setelah dicek, hanya dari tombol Key Locknya saja yang harus dimatikan.

03 September 2007

Webcam PDA

Webcam PDA? Baru deeengeeer..!! Apaan ya...? Webcam sendiri umumnya disini biasa digunakan untuk chating agar bisa dilihat lawan chating kita. Sedangkan PDA bisa dianggap sebagai komputer berukuran pocket / mini sehingga bisa dimasukan ke dalam saku yang dalam perkembangannya dilengkapi dengan telephone selular hingga disebut PDA Phone. Jadi apa dong Webcam PDA itu?

Mungikin anda sudah bisa mengira-ngira apa itu Webcam PDA. Yaa..., jadikanlah PDA anda sebagai Webcam....!! Dengan satu aplikasi tambahan, kini anda bisa menjadikan PDA anda sebagai Webcam. Dan mulai sekarang chating anda dilengkapi dengan Web Camera atau biasa dipanggil Webcam.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk Webcam PDA ini adalah WebCamera Plus dari Ateksoft. Saya telah mencobanya dengan menggunakan O2 Atom Exec dan menerapkannya di Yahoo Messenger, dan hasilnya bisa berjalan dengan lancar. Instalasi dari aplikasi ini sangat mudah. Setelah anda menginstall aplikasi di PDA dan otomatis terinstall juga di komputer, langkah pertama yang dilakukan adalah synchronize PDA anda dengan komputer. Setelah itu jalankan program WebCamera Plus dari komputer anda. Biasanya setelah menunggu beberapa saat, camera PDA sudah bisa berfungsi dan gambarnya akan ditampilkan di layar komputer. Jika berhasil, anda tinggal mengaktifkan menu Webcam di Yahoo Messenger anda.

Software ini bisa anda dapatkan di websitenya Ateksoft di http://www.ateksoft.com/ Cuma sayang versi trialnya hanya memberikan anda durasi waktu yang sangat singkat. Untuk durasi yang tidak dibatasi anda harus membeli versi fullnya.

01 September 2007

Fixed Dialing

Apa anda pernah menggunakan Fixed Dialing? Ataukah anda baru kali ini mendengar istilah ini? Istilah ini umumnya terdapat / dipakai pada handphone. Setiap handphone biasanya dilengkapi dengan fasilitas yang satu ini, cuma saja mungkin penempatan menunya saja yang berbeda untuk setiap handphone.

Sebenarnya apa sih kegunaan dari Fixed Dialing ini? Fixed Dialing ini merupakan fasilitas yang digunakan untuk pembatasan panggilan. Artinya apabila fasilitas Fixed Dialingnya diaktifkan, maka ketika anda akan melakukan panggilan keluar, hanya nomor-nomor yang telah dimasukan ke menu Fixed Dialing saja yang bisa disambungkan, sementara nomor-nomor lain yang tidak dimasukan di menu Fixed Dialing akan diblok supaya tidak bisa melakukan panggilan. Misalkan hanya nomor 08xx12345678 yang anda masukan ke menu Fixed Dialing, maka anda hanya akan bisa melakukan panggilan ke nomor 08xx12345678 dan jika akan menelpon ke nomor lain maka otomatis akan diblok.

Untuk di PDA O2, menu ini bisa anda temukan di Start -> Settings -> Phone. Kemudian pada menu Services pilih Fixed Dialing kemudian klik Get Settings. Didalam menu Fixed Dialing, beri tanda centang Enable Fixed Dialing. Setelah itu anda sudah bisa mulai memasukan nomor-nomor yang diinginkan ke menu Fixed Dialing. Perlu diingat bahwa penggunaan +6221333 dan 021333 akan dianggap berbeda oleh Fixed Dialing, artinya jika anda memasukan +6221333 di Fixed Dialing, maka ketika akan melakukan dialing dengan menggunakan 021333, otomatis akan diblok karena yang anda masukan di Fixed Dialing adalah +6221333. Dan yang terakhir, untuk mengaktifkan atau menon-aktifkan Fixed Dialing biasanya anda diminta PIN2. Anda bisa memasukannya dengan angka berapa saja, dan tentu saja jangan sampe lupa untuk mengingat PIN tersebut.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More