Jasa Isi Aplikasi iPad/iPhone

Bagi anda yang mau mengisi aplikasi game atau aplikasi lainnya seperti office / productivity ataupun tools lain untuk iPad / iPhone / iPod Touch

Blackberry Z3

Smartphone BlackBerry® Z3, Jakarta Edition hadir dengan BlackBerry®10 dalam layar 5”

shadut dot com

Welcome to shadut.com. Selamat datang di website shadut.com. Mulai tanggal 3 januari 2010, link blog ini yang biasa diakses di http://shadut.blogspot.com, beralih dan dapat diakses dengan menggunakan alamat www.shadut.com.

Kasenian Sunda Sisingaan

Kasenian Sunda Sisingaan dari Subang Propinsi Jawa Barat - Indonesia khususnya di tempat saya di Kecamatan Kalijati umumnya digelar pada acaran hajatan sunatan anak-anak.

Blackberry Curve 8520

Pengguna Blackberry di Indonesia kini bisa merasakan Handheld keluaran terbaru dari Research In Motion ( RIM ) setelah beberapa saat tertahan akhirnya resmi dirilis di Indonesia.

30 August 2007

New ROM O2 Zinc

Bagi anda pengguna PDA O2 Zinc, kini sudah keluar Update ROM terbaru untuk versi Windows Mobile 6. Sementara untuk versi Windows Mobile 5 belum ada update terbaru yang dikeluarkan. Saat ini di website O2 sendiri disediakan dua pilihan ROM, yaitu Windows Mobile 5 dan Windows Mobile 6, terserah anda untuk memakai yang mana.

Versi terbaru ROM O2 Zinc ini adalah Xda_Zinc_RM3070712_WWE_ExtV2.9.2 yang berarti software ini dikeluarkan tanggal 12 Juli 2007, sementara untuk yang versi Windows Mobile 5 masih pada versi Xda_Zinc_WWE_RM1070517 yang dikeluarkan tanggal 17 Mei 2007.

Pada update ROM terbaru ini, perubahan yang sangat kontras terlihat adalah adanya penambahan fitur Streaming Player. Streaming Players ini berbasiskan RTSP ( Real Time Streaming Protocol ). RTSP sendiri merupakan protokol yang digunakan untuk streaming media secara real time seperti audio atau pun video dari server-server RSTP. Untuk menggunakan Streaming ini anda tinggal memasukan alamat RSTP dari media streaming yang diinginkan seperti halnya memasukan alamat website.

28 August 2007

Apa Ini Plagiarisme?

Tiba-tiba handphone saya berbunyi. Mendengar dari nadanya, dapat dipastikan bahwa saya mendapatkan kiriman SMS dari seseorang. Setelah mengambil hp, sejenak saya membacanya dan ternyata sesorang yang saya kenal sebut saja Lia, meminta pendapat saya tentang teknologi.

Si Lia ini masih kuliah di sebuah universitas terkenal jurusan teknik ketika suatu saat salah satu dosennya meminta si Lia untuk membuat suatu makalah. Dari ceritanya dia, untuk makalah tersebut dia mendapatkannya dari internet, dan ketika diserahkan ke dosen dan dicek, hanya omelan yang didapat dari dosennya plus dicap sebagai pencuri karena dosen tersebut mengetahui sumber makalah tersebut. Kemudian dosen tersebut memberi tugas tambahan berupa pertanyaan "nilai-nilai apa yang harus dimiliki bagi orang yang bergerak dibidang teknologi untuk memberi kemudahan bagi orang lain". Itulah yang dimintai pendapat saya oleh si Lia.

Tentu saja si Lia ini tidak bisa segampang itu mengcopy paste sumber-sumber di internet untuk dijadikan makalah apalagi tidak mencantumkan nara sumbernya. Hal ini adalah merupakan tindakan plagiarisme. Mengacu pada omongan dosen, si Lia yang bisa disebut orang yang bergerak dalam teknologi karena menggunakan teknologi internet untuk kemudahannya harus menanamkan nilai-nilai kejujuran, kreatifitas dalam berfikir dan tentu saja kerja keras. Sebab tindakan copy paste sama saja dengan menjiplak hasil karya orang lain. Tapi bisa saja sumber-sumber ini dijadikan bahan pemikiran untuk menghasilkan hasil karya dengan kreatifitas dalam berfikir dan usaha pemikiran sendiri. Inilah mungkin yang dimaksud si dosen sebagai nilai-nilai yang harus dimiliki oleh orang yang bergerak dalam teknologi untuk memberi kemudahan bagi orang lain.

24 August 2007

Search Engine

Seberapa pentingkah sebuah Search Engine atau juga dipanggil "Mesin Pencari" bagi para Netter? Saya kira tentu semuanya sepakat "Sangat Penting". Atau anda mempunyai pendapat lain? Bagi saya sendiri, fungsi dari Search Engine ini sangatlah penting. Karena tidaklah mudah mencari sebuah situs ataupun yang lainnya tanpa kehadiran Search Engine.

Saya jadi teringat pada sebuah iklan di televisi baru-baru ini tentang sosialisasi penggunaan internet di sekolah dari sebuah operator telekomunikasi Indonesia. Di iklan tersebut ditampilkan beberapa orang siswa Sekolah Dasar yang berprestasi dalam perlombaan pembuatan paper. Bahan-bahan pembuatan paper itu sendiri mereka dapatkan menggunakan teknologi internet. Tapi bagaimana cara mereka mendapatkan apa yang mereka cari di dunia maya? Sepertinya hampir dapat dipastikan menggunakan metode pencarian menggunakan Search Engine.

Untuk mencari sesuatu di internet, ada beberapa Search Engine yang bisa dipakai. Tapi, mungkin disini kita lebih populer menggunakan Search Engine dari Google. Tentu anda juga sudah tidak asing lagi bukan mendengar nama mesin pencari yang satu ini? Dan tentu pula sudah terbiasa menggunakannya.

22 August 2007

Torch on O2 Stealth

Torch atau bisa diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia sebagai Lampu Senter merupakan suatu fasilitas yang dapat anda temukan di O2 Stealth. Layaknya sebuah senter, fasilitas ini pun digunakan untuk lampu penerang di kegelapan.

Di jajaran PDA O2, hanya O2 Stealth yang mempunyai fasilitas Torch alias senter. Hardware yang digunakan adalah lampu flash camera. Jadi selain sebagai lampu flash camera, lampu flash ini bisa digunakan sebagai lampu senter. Ada beberapa PDA O2 yang mempunyai lampu flash, tetapi tidak bisa difungsikan sebagai lampu senter seperti yang bisa dilakukan di O2 Stealth. Untuk bisa menggunakannya anda bisa menekan menu Torch yang ada di menu Start -> Program -> Torch, dan seketika itu pula lampu flash akan menyala disertai munculnya notifikasi "Please not use torch for a long time. Press OK key to turn off" dilayar untuk mematikan lampu senter. Dan jika anda mengklik OK di notifikasi tersebut maka seketika pula lampu senter akan mati. Anda dapat pula menghidupkan lampu senter dengan menekan tombol Call End / Tombol Merah agak lama.

20 August 2007

Country Sold

Sebut saja Pak Robi, datang ke sebuah tempat service resmi untuk memperbaiki hpnya yang mengalami masalah. Pak Robi mendatangi tempat service resmi karena sepengetahuannya hpnya masih garansi. Setelah menunggu beberapa saat, kemudian Pak Robi diterima oleh Customer Service dan setelah selidik punya selidik Customer Servicenya menyatakan bahwa hp Pak Robi dikategorikan sebagai Non Garansi karena Country Soldnya bukan Indonesia. Nah lho...!?

Mengapa bisa demikian? Mari kita coba telusuri lebih lanjut.....! Untuk mengajukan garansi service suatu hp ketika hp mengalami masalah ke service center resmi, setiap customer harus bisa menunjukan bukti bahwa hp tersebut masih bergaransi. Bukti tersebut biasanya adalah kartu garansi dan faktur pembelian. Jika customer tersebut bisa menunjukannya, maka service center akan melakukan validitas data dari bukti tersebut.

Untuk melakukan hal tersebut biasanya service center akan melakukan tracking nomor IMEI dan Serial Number (S/N). IMEI adalah nomor identitas dari suatu handphone yang tertera di label hp yang biasanya terletak belakang hp atau tempat dudukan batre. Tracking IMEI dilakukan dengan mengunakan suatu sistem software ataupun juga suatu tools yang terhubung ke database server baik yang secara onlen maupun offlen. Untuk yang secara offlen biasanya hasil yang ditunjukkan adalah batas akhir masa garansi sedangkan yang secara onlen, dapat ditunjukan pula Country Sold. Country Sold adalah identitas untuk menunjukan wilayah distribusi penjualan per negara. Jadi, walaupun misalnya masa garansinya masih berlaku, tetapi kalau Country Soldnya Singapore, maka tidak bisa diajukan garansinya di Indonesia.

18 August 2007

Connect Keyboard Atom Exec

Bagi anda yang menggunakan PDA O2 Atom Exec, di dalam paket penjualannya disertakan pula sebuah keybord eksternal yang disebut Exec Kit. Layaknya sebuah keyboard, tentunya keyboard atom exec ini pun berfungsinya untuk mengetik huruf didalam menulis sms, menulis di pocket word ataupun lainnya. Keyboard ini digunakan dengan cara menekan tombol-tombol yang disediakan menggunakan jari, tidak seperti keyboard virtual yang terdapat didalam PDA yang menekannya dengan menggunakan stylus.

Tapi keyboard ini ternyata menggunakan koneksi via Infra Red ( IrDa ) untuk menghubungkannya ke PDA, tidak seperti lazimnya komputer biasa yang menggunakan koneksi kabel dari keyboard ke CPU. Dan hal ini memerlukan sedikit instalasi untuk dapat menggunakan keybord ini. Banyak sekali pengguna PDA ini bertanya, bagaimana sih cara menggunakan keyboard ini?
Untuk bisa menggunakan keyboard ini, berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan :

1. Pastikan keyboard sudah dalam posisi on, untuk memastikannya, geser tombol on/off di keyboard ke sebelah kiri, selanjutnya coba tekan beberapa tombol, jika lampu keyboard nyala berarti keyboard sudah aktif.
2. Hilangkan tanda centang di settingan "beam" anda di menu Start --> Settings --> Connections -> Beam
3. Installkan software O2 Keyboard dari CD bawaan paket penjualan ke PDA mengunakan synchronize komputer anda ke PDA anda.
4. Setelah terinstall di PDA, klik start --> Program --> O2 Keyboard
5. Centang tanda "Active Keybord"
6. Tarik antena Infra Red yang ada di Keyboard lalu dekatkan atau arahkan ke port Infra Red yang ada di PDA.

16 August 2007

Virus PDA

Banyak yang bertanya, apakah virus komputer bisa masuk ke PDA?, mengingat sistem yang digunakan PDAnya juga bersistemkan Windows. Sudah banyak diketahui bahwa virus banyak menyerang sistem operasi windows, tanpa berkesimpulan bahwa sistem keamanan windows jelek karena mungkin saja kuantitas pemakai windows sangat banyak di seluruh dunia dan banyak faktor lainnya pula.

Kembali ke virus, tentu pula sudah banyak yang mengetahuinya bahwa kehadiran virus di komputer mempunyai aspek terhadap penggunanya, mulai dari mengganggu hingga merusak dan tentu saja sangat merugikan. Perkembangan virus komputer sendiri sangat cepat sekali dengan banyaknya virus-virus baru yang beredar di dunia maya, malahan para pembuat virus seolah-olah berlomba-lomba dalam menciptakan sebuah virus komputer dan pemenangnya adalah yang bisa menciptakan sebuah virus yang sangat cepat beredar dan merusak komputer. Bahkan kini pembuat virus pun melakukan ekspansi ke dunia handphone, karena pada dasarnya sebuah handphone pun mempunyai sistem operasi agar dapat berfungsi.

Di PDA bersistemkan Windows Mobile ataupun Pocket PC, hingga saat ini saya belum pernah menemukannya di PDA, seperti halnya yang telah terjadi di Handphone. Hanya saja, saya sering menemukan virus komputer nempel di PDA. Itu mungkin terjadi ketika melakukan pertukaran data semisal copy file musik dengan komputer terinfeksi, dan ketika file tersebut di copy-kan ke komputer lain, mungkin komputer tersebut akan terinfeksi pula. Meskipun begitu virus tersebut tidak bisa berjalan di PDA karena beda platform walaupun sama-sama keluaran Microsoft.

14 August 2007

Transfer Data

Dalam melakukan pertukaran data dari Handphone ke handphone biasanya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Untuk handphone masa kini, biasanya ada 3 media yang tersedia yaitu Bluetooth, Infra Red ( IrDa ) atau bisa juga lewat slot External Storage Card

Untuk Bluetooth sendiri kini sudah mencapai versi 2.0. Bluetooth dapat melakukan transfer data dengan kecepatan transfer 3 Mbps untuk versi 2 + EDR dan 1 Mbps untuk versi 1. Sementara itu untuk Infra Red ( IR ) di handphone belum ada perkembangan yang mencolok mengenai device yang satu ini. Kecepatan transfer data dari Infra Red ( IrDa) adalah 115 Kbps. Walaupun kecepatan transfer data dari IrDa dibawah bluetooth tapi masih tetap disisipkan di hanphone terbaru sekalipun. Hal ini dilakukan untuk mendukung komunikasi data dengan handphone menengah kebawah yang terkadang tidak disediakan fasilitas bluetooth dan hanya menyediakan Port Infra Red. Sementara untuk Eksternal Storage Card kini banyak handpone yang menyediakan slot Micro SD setelah sebelumnya banyak menggunakan Slot SD Card dan slot Mini SD.

Dari ketiga media tersebut ada juga media lain yang bisa digunakan yaitu dengan perantara lain misalkan lewat komputer menggunakan kabel data ataupun bisa juga lewat MMS. Dari semuanya, yang terbaik menurut saya adalah menggunakan kabel data. Hal ini disebabkan komunikasi ini langsung terhubung menggunakan kabel yang terjamin konektivitasnya. Sementara untuk bluetooth dan Infra Red kadang tidak bisa berkomunikasi antara beberapa device mengingat teknologi ini menggunakan frequensi sebagai saluran datanya.

Sync O2 Stealth Via Bluetooth

Untuk melakukan synchronize data di PDA ke komputer biasanya kita melakukannya dengan menggunakan kabel data. Tetapi kita bisa juga melakukannya dengan menggunakan Bluetooth. Berikut adalah langkah-langkahnya synchronize O2 Stealth menggunakan Bluetooth.

Setelah anda menginstalisasi Dongle Bluetooth di Komputer anda, jangan lupa untuk mengaktifkan menu Bluetooth Serial Port. Ini adalah saluran komunikasi data yang akan digunakan untuk melakukan synchronize. Berikut langkah selanjutnya :

1. Lakukan pairing device dengan komputer.
2. Di Komputer masuk File Explorer -> My Bluetooth Places -> Entire Bluetooth Neighborhood. Cari device atau nama handphone anda yang tadi di pairing lalu klik kanan di device tersebut dan pilih Properties.
3. Pilih menu Authorization, beri tanda cek pada pilihan Bluetooth Serial Port, PIM Item Transfer, PIM Synchronize
4. Masuk ke program ActiveSync, atur menu koneksinya. File -> Connections Setiing
5. Pada menu Allow connection to one of following beri tanda cek, pindahkan portnya ke Bluetooth Serial Port, biasanya COM5 atau COM6.
6. Beralih ke PDA, masuk ke Start -> Settings -> Connections -> Bluetooth
7. Pilih Devices, lalu pilih / klik nama komputer yang tadi di pairing.
8. Setelah itu anda akan masuk menu Parthnership Setting, klik Refresh, dan beri tanda cek menu ActiveSync, lalu Save. Lalu tutup semua program yang terbuka.
9. Masuk ke program Activesync di PDA, lalu di Menu pilih Connect via bluetooth. Dan PDA anda akan mulai melakukan synchronize dengan outlook di komputer anda.

13 August 2007

LCD Pecah

Sejenak saya hentikan aktifitas kerja saya untuk memberikan istirahat pada otak yang terasa mumet mengurusi kerjaan ketika seorang teman saya sedang berdebat di ujung telpon dengan seseorang. Setelah didengarkan beberapa saat ternyata mereka sedang berdebat mengenai LCD Pecah.

Seorang customer memasukan handphonenya ke tempat service karena LCDnya pecah sehingga handphonenya tidak bisa difungsikan secara normal. Setelah dicek sana sini ternyata diketahui bahwa mesinnya bengkok dan berpotensi akan timbulnya berbagai masalah. Hal ini kemudian dikonfirmasikan kepada customer via telpon akan kemungkinan biaya tambahan diluar biaya LCD yang sudah pasti terkena biaya. Tetapi ketika dikonfirmasi yang ada hanyalah perdebatan yang panjang antara teman saya dan customer tersebut. Hal pertama yang diperdebatkan adalah kenapa LCDnya tidak bisa digaransikan? Karena menurutnya LCD pecah bisa digaransikan ketika dia pernah servis di Sony Ericsson dan Nokia. Kemudian teman saya bertanya, dimana persisnya tempat service tersebut. Karena teman saya pernah pula bekerja di Service Center Sony Ericsson dan Nokia, dan dalam penanganan mengenai LCD Pecah, semua service center akan menerapkan standar yang sama yakni batal garansi dan akan dikenakan biaya. Tak puas..., customer berkilah dengan membandingkannya dengan mobil baru. Menurutnya, mobil yang rusak pun semisal bertabrakan tidak akan dikenakan biaya apapun untuk memperbaikinya. Tentu saja hal ini sangat menggelitik mengingat hal tersebut adalah asuransi bukannya garansi. Tentu pula hal ini tidak bisa diterapkan atau disamakan dengan handphone.

Hal yang kedua adalah kenapa mesinnya pun tidak bisa digaransikan? Untuk hal mesin yang LCDnya pecah biasanya masing-masing service center mempunyai kebijakan sendiri-sendiri, biasanya dilihat case by case, ada yang menggaransikannya ada pula yang tidak. Untuk yang menggaransikannya, biasanya ada ketentuan-ketentuan untuk mesinnya antara lain mesin tidak boleh bengkok, mesin tidak boleh terkena cairan dan tidak boleh ada komponen yang hilang. Jika tidak bisa memenuhi ketentuan tersebut maka secara otomatis mesin tersebut tidak akan bisa digaransikan dan siap-siap untuk dikenakan biaya... So..., hati-hatilah dalam membawa handphone, jangan sampai terlepas dan terjatuh yang bisa mengakibatkan LCD Pecah dan bisa jadi mesinnya juga bengkok atau ada yang terlepas salah satu komponennya.

09 August 2007

Mobile RSS

Jika anda mengotak-atik PDA O2 Zinc, anda akan menemukan satu menu yang dinamakan Mobile RSS. Dan jika anda perhatikan pula semua produk yang telah dikeluarkan oleh O2, hanya O2 Zinc lho.. yang disisipkan menu yang satu ini, bahkan hingga produk O2 teranyar pun tidak dapat ditemukan menu tersebut. Sebenarnya apa sih kegunaan Mobile RSS ini?

Mobile RSS adalah merupakan RSS Reader versi mobile. Ini sama fungsinya seperti RSS Reader versi desktop komputer semisal Snarfer. Singkatan RSS ini biasanya mengarah ke beberapa protokol:

Rich Site Summary (RSS ver 0.91)
RDF Site Summary (RSS ver 0.9 and ver 1.0)
Really Simple Syndication (RSS ver 2.0).

RSS digunakan untuk mensindikasi isi dari suatu situs website. Mudahnya, dengan RSS kita dapat membaca isi ringkasan dari suatu situs website tanpa kita harus membuka websitenya. Hampir sama barangkali fungsinya dengan email di outlook, hanya saja klo di outlook adalah surat tapi klo di RSS Reader adalah isi ringkasan berita dari suatu situs web dan link untuk membaca berita selengkapnya dari ringkasan tersebut. Di RSS Reader bisa dimasukan beberapa situs yang ingin dibaca ringkasannya, tapi tentunya situs website tersebut harus mendukung RSS. Kebanyakan RSS ini digunakan oleh situs-situs berita dan weblog.

Di O2 Zinc menu Mobile RSS terdapat pada menu program. Disana sudah dimasukan beberapa RSS dari beberapa Situs mulai dari situs berita, teknologi, olahraga, dll. Anda tinggal mengupdate saja via gprs dan tinggal membaca ringkasan berita dari situs tersebut. Mudah bukan? Anda tidak usah membuka website yang dimaksud untuk melihat headline berita terbaru dan ringkasanya. Tinggal satu klik. Anda sudah bisa mengetahui isi berita terbaru dari suatu website.

06 August 2007

Water Damage

Water Damage....!!?? Apakah itu?? Apa anda pernah mendengar istilah tersebut? Di Dunia servis terutama yang erat kaitannya dengan Handphone, tidak akan asing lagi mendengar kata tersebut. Water Damage atau biasa disebut WD ( baca : wede ) adalah suatu kondisi dimana handphone tersebut terkena cairan yang dengan ini akan mengakibatkan kerusakan pada unit. Unit yang terkena cairan ini akan dinyatakan Void Garansi atau Batal Garansinya jika unit tersebut masih dalam masa garansi.

Lho..., ko batal garansinya...? Ya..., memang pada prinsipnya setiap produsen akan memberikan garansi produknya untuk kerusakan yang berkaitan pada kesalahan produksi atau pabrikan dan bukan kesalahan yang disebabkan oleh kesalahan yang dilakukan oleh konsumen. Inilah salah satu pengertian dari jaminan terbatas yang diberikan oleh produsen. Tentu saja terkena cairan adalah kesalahan yang dlakukan oleh konsumen seperti misalnya kehujanan, ketumpahan air, ataupun tercebur kedalam air. Hal ini sebagian besar akan menyebabkan kerusakan yang fatal jika tidak buru-buru ditindaklanjuti.

Sudah banyak terdengar konsumen atau customer yang bersitegang dengan service center mengenai hal ini. Terkadang customer tidak mengaku handponenya terkena cairan sementara terdapat bukti-bukti yang dapat dilihat di handphonenya bahwa handphone tersebut terkena cairan. Pada dasarnya setiap handphone dilengkapi dengan indikator WD. Indikator tersebut biasanya adalah sepotong kertas putih khusus yang apabila terkena cairan, kertas tersebut akan berubah warna menjadi merah. Ini akan menjadi suatu patokan unit tersebut te kena cairan atau tidak. Biasanya kertas ini ditempatkan didalam mesin hp. Selain itu biasanya hp yang terkena cairan pun akan berjamur dan berkarat. Rata-rata handphone yang terkena cairan akan mulai berjamur selang satu hari setelah terkena cairan. Oleh sebab itu jika hp anda terkena cairan, yang harus anda lakukan adalah matikan hp anda atau cabut batrenya supaya tidak terjadi konsleting, lalu coba keringkan dengan menggunakan headryer. Klo memungkinkan coba bongkar hp anda ( ini akan merusak segel garansi, tapi walaupun begitu hp anda sudah batal garansinya karena terkena cairan) untuk memastikan benar-benar kering. Dan setelah anda yakin benar-benar kering coba hidupkan. Jika tidak ada masalah berarti anda masih bisa mengunakan hp tersebut, tapi jika terdapat masalah...., sepertinya anda harus begegas ke tempat servisnya.....

04 August 2007

Setting Gmail Di PDA

Setelah sebelumnya saya membahas mengenai cara setting email Yahoo di PDA. Kali ini kita coba mensetting email Gmail di PDA anda. Gmail adalah layanan email gratis dari Google yang hingga saat ini memberikan kapasitas data hampir mencapai 3 GB untuk satu account email. Sama seperti Yahoo, Gmail pun sudah bisa menggunakan akses POP untuk mengelola emailnya.

PDA kini tengah populer menggunakan sistem Windows Mobile yang dikeluarkan Microsoft. Banyak PDA menggunakan sistem ini. Rilis terakhir dari versi Windows Mobile ini adalah Windows Mobile 6. Sebagaimana yang telah diketahui, bahwa keunggulan Window Mobile 6 salah satunya adalah kemudahan dalam mengkustomisasi ataupun mengelola email anda. Setidaknya itu yang sudah saya coba dengan menggunakan account Yahoo, Gmail dan Hotmail.

Pada dasarnya cara mensetting Gmail di PDA anda sama seperti cara mensetting Yahoo di PDA. Anda bisa baca dan lihat disini. Anda tinggal masukan alamat email Gmail anda, lalu PDA akan mengkonfigurasi settingannya secara otomatis. Kemudian tinggal next.., dan next.., yang perlu anda isi hanya username dan password saja. Lalu Finish. Ada sedikit perbedaan antara Yahoo dan Gmail dalam hal protokol yang dipakai. Gmail masih menggunakan protokol POP untuk email client ini, sementara Yahoo sudah menggunakan IMAP. IMAP kepanjangan dari (Internet Message Access Protocol). IMAP sendiri memungkinkan pengguna memilih pesan e-mail yang akan ia ambil, membuat folder di server, mencari pesan e-mail tertentu, bahkan menghapus pesan e-mail yang ada. Kemampuan ini jauh lebih baik daripada POP (Post Office Protocol) yang hanya memperbolehkan kita mengambil/download semua pesan yang ada tanpa kecuali ( wikipedia).

03 August 2007

Garansi Resmi

GARANSI...! Anda tentu sering mendengar satu kata tersebut. Garansi dalam dunia elektronik adalah suatu jaminan terbatas yang diberikan produsen terhadap produk-produknya yang telah dijual kepada konsumen bilamana produknya mengalami masalah. Tentu saja produk yang bemasalah tersebut akan diperbaiki tanpa akan dikenakan biaya apapun. Ada beberapa istilah mengenai garansi ini antara lain Garansi Resmi dan Garansi Distributor atau ada juga yang menyebutnya BM atau Black Market.

Seringkali saya mendengar, beberapa konsumen ngomel-ngomel, ada juga yang bingung bahkan ada juga yang sampai marah-marah ketika dia datang ke tempat servis resmi untuk memperbaiki barang elektroniknya yang rusak, tetapi garansinya ditolak dan dinyatakan BM dan tentu pula kalo diteruskan servis akan dikenakan biaya. Ataukah anda sendiri pernah mengalaminya? Kenapa hal ini bisa terjadi? Banyak faktor yang melatarbelakanginya. Bisa jadi kurangnya pengetahuan... jadi deh kita dibodohi, bisa pula ingin mendapatkan dengan harga murah karena kebelet pengen punya dan duitnya pas-pasan ataupun lain-lainnya. Memang klo kita tidak teliti, akan susah membedakannya antara garansi resmi dan garansi distributor. Pada umumnya garansi resmi memberikan masa garansi selama 12 bulan, sedangkan garansi distributor 6 bulan bahkan ada yang 3 bulan.

Bagaimana cara mengetahui garansi resmi, dalam hal ini mengenai produk-produk semisal HP. Mungkin info ini bisa sedikit membantu. Tentu yang paling utama adalah bertanya. Yang pertama adalah selalu beli di dealer-dealer resmi. ini bisa diakali dengan melihat iklan resmi dari produk tsb di koran yang biasanya mencantumkan dealer-dealernya atau yang punya koneksi internet bisa membuka website produk tersebut. Biasanya di website tercantum nama-nama tempat untuk bisa membeli produk tersebut. Yang kedua perhatikan fisik barang. Rata-rata dus dibungkus dengan plastik khusus, terdapat segel dus dan juga stiker hologram. Pastikan tanda-tanda tersebut tidak rusak. Yang terakhir tentu tanyakan apakah garansi resmi atau bukan dan berapa lama masa garansinya. Sampai sekarang sudah banyak produsen seperti Nokia, Sony Ericsson, Motorola, Samsung atau yang lainnya yang membuka gerai resminya diberbagai tempat. Hal ini tentu akan mempermudah kita untuk mendapatkan barang resmi supaya kita tidak terjebak dengan barang-barang BM.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More