Jasa Isi Aplikasi iPad/iPhone

Bagi anda yang mau mengisi aplikasi game atau aplikasi lainnya seperti office / productivity ataupun tools lain untuk iPad / iPhone / iPod Touch

Blackberry Z3

Smartphone BlackBerry® Z3, Jakarta Edition hadir dengan BlackBerry®10 dalam layar 5”

shadut dot com

Welcome to shadut.com. Selamat datang di website shadut.com. Mulai tanggal 3 januari 2010, link blog ini yang biasa diakses di http://shadut.blogspot.com, beralih dan dapat diakses dengan menggunakan alamat www.shadut.com.

Kasenian Sunda Sisingaan

Kasenian Sunda Sisingaan dari Subang Propinsi Jawa Barat - Indonesia khususnya di tempat saya di Kecamatan Kalijati umumnya digelar pada acaran hajatan sunatan anak-anak.

Blackberry Curve 8520

Pengguna Blackberry di Indonesia kini bisa merasakan Handheld keluaran terbaru dari Research In Motion ( RIM ) setelah beberapa saat tertahan akhirnya resmi dirilis di Indonesia.

30 July 2007

Setting Email Yahoo Di PDA

Siapa yang tak kenal dengan Yahoo..!!?? Bagi para Netter di Indonesia pasti sudah hafal apa itu Yahoo. Yaaa.., Yahoo adalah salah satu website yang terkenal dengan messenger dan email gratisnya. Sudah banyak diketahui bahwa bagi para pengguna Yahoo, Yahoo kini sudah bisa menggunakan akses POP ( Post Office Protocol ) untuk mengelola emailnya.

POP sendiri adalah suatu protokol yang digunakan untuk mengambil email dari server email. Hingga kini versi terakhir dari POP adalah POP3, Jadi.., biasanya jika anda ingin melihat email Yahoo, yang harus anda lakukan terlebih dahulu adalah buka website Yahoo kemudian Sign In dan akhirnya anda bisa membaca dan mengirim email anda, tapi kini dengan akses POP anda tidak usah melakukan hal tersebut. Anda bisa membaca ataupun berkirim email menggunakan Email Client semisal Outlook Express atau Microsoft Outlook ataupun Email Client yang lainnya tanpa perlu membuka websitenya. Jika anda ingin menggunakan akses ini, anda tinggal memasukan alamat POP dan SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) Yahoo ke Email Client anda. Alamat POP diperlukan untuk mendownload Email yang masuk sementara alamat SMTP diperlukan untuk mengirim Email anda. Untuk mendapatkan alamat POP dan SMTP Yahoo dan cara mengkonfigurasinya bisa anda lihat di wabsitenya Yahoo.

Diatas adalah panduan dasar untuk versi desktop komputer. Bagaimana dengan PDA? PDA yang bersistemkan Windows Mobile 6 sangat mudah sekali mengkonfigurasinya. Hal tersebut sudah saya coba menggunakan PDA O2 Atom Life. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Pastikan internet di PDA anda sudah bisa digunakan.
2. Masuk menu Messege, pilih New Email Account
3. Masukan Email Yahoo anda misalkan hadiiryana@yahoo.co.id
4. Cheklist menu "Try to get e-mail settings automatically from the Internet" lalu Next
5. Jika berhasil keluar notifikasi Auto Setup Found Settings for : yahoo.co.id lalu Next
6. Isi Your Name dengan nama anda misalnya Hadi dan isi Account Display Name (ADN) dengan yang anda inginkan, defaultnya adalah Yahoo!, nama ADN akan ditampilkan sejajar dengan SMS dan MMS. Lalu Next
7. Masukan user name email anda di kotak User Name. Misalnya hadiiryana
8. Masukan password email anda di kotak Password, kasih tanda cek di Save Password untuk bisa diingat PDA. Lalu Next
9. Automatic Send and Receive.., sesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan anda. Bisa 5 menit sekali, 15 menit sekali, 30 menit, 2 jam, sekali dalam sehari, atau manual jika anda tidak tentu dalam menerima atau mengirim email.
10. Finish
11. Lalu keluar notifikasi untuk mulai mencek email anda. Klik OK untuk memulainya dan PDA langsung connect menggunakan GPRS.

Selamat mencoba.

28 July 2007

Pocket Islam

" Shalat adalah tiang agama, barang siapa yang mengerjakannya berarti ia menegakkan agama, dan barang siapa meninggalkannya berarti ia meruntuhkan agama ". Begitulah salah satu bunyi hadits yang diriwayatkan oleh Baihaqqi. Begitu pentingnya Shalat, hingga amalan seseorang dilihat dari Shalatnya. Jika Shalatnya baik maka amalan yang lain pun baik, jika Shalatnya jelek maka amalan yang lain pun jelek. Jadi, bagi kaum muslim yang tidak ingin meninggalkan Shalat, ada satu aplikasi software untuk PDA ataupun Smartphone anda yang bisa membantu mengingatkan anda untuk melaksanakan Shalat ketika tiba waktunya Shalat.

Nama software tersebut adalah Pocket Islam. Software ini akan membantu anda mengingatkan anda ketika tiba waktu shalat wajib. Pengingat yang diberikan adalah alarm, pembacaan ayat-ayat Al-Qur'an dan terakhir dikumandangkannya Adzan. Alarm secara default akan berbunyi 30 menit sebelum tiba waktunya shalat tapi anda juga bisa merubahnya menjadi 15 menit. Sedangkan pembacaan ayat Al-Qur'an 5 menit sebelum tiba waktunya shalat. Dan akhirnya ketika tiba waktunya Shalat akan dikumandangkan Adzan. Software ini bisa anda dapatkan secara gratis di www.pocketislam.com dengan versi full (bukan trial). Selain pengingat Shalat, dalam software ini terdapat juga Pocket Hadits dan Pocket Qur'an.

Setelah menginstallkan software ini di PDA atau Handphone anda, ada beberapa settingan yang harus diatur konfigurasinya. Hal ini penting karena jika tidak dilakukan akan terjadi waktu pengingatan yang salah. Yang pertama adalah settingan waktu di PDA anda harus sesuai dengan waktu anda sekarang. Kemudian settingan yang dirubah didalam softwarenya adalah lokasi anda sekarang misalnya Jakarta dan settingan mahzab misalnya Syafi'i. Setelah semuanya selesai, anda tinggal menunggu software ini bekerja mengingatkan anda untuk shalat ketika tiba waktunya shalat Shubuh, Dzuhur, Ashar, Magrib dan Isya.

Fastabikhul khairat…..

26 July 2007

3G = Video Call ?

Apa yang terlintas dibenak anda ketika ada seseorang bertanya apa itu 3G ( baca : triji ) ? Mungkinkah yang akan terlintas di pikiran anda akan sama seperti saya yaitu Video Call. Lalu bagaimana dengan masyarakat Indonesia lainnya? Setelah mengkampanyekan 3G di berbagai media, khususnya televisi, tampaknya sebagian besar masyarakat mencitrakan 3G sebagai Video Call atau dengan bahasa yang biasa dipahami masyarakat adalah komunikasi yang bisa melihat lawan bicara lewat Handphone.

Ya.., memang semenjak 3G diperkenalkan kepada masyarakat, fasilitas Video Call yang ditawarkan 3G tampil lebih dominan. Karena fasilitas inilah yang terlihat sebagai perubahan yang sangat mendasar dalam hal berkomunikasi lewat handphone. Jika biasanya cara berkomunikasi masyarakat menggunakan handphone hanya bisa mendengar suara lawan bicara saja, kini dengan 3G, masyarakat tidak hanya bisa mendEngar lawan bicara saja tetapi bisa juga melihat lawan bicaranya. Hal inilah yang menjadi dasar pemahaman masyarakat ketika ditanya apa itu 3G? Mungkin masyarakat akan sepakat menjawab 3G sebagai Video Call.

Tentu ada hal lain yang ditawarkan oleh 3G. Tidak saja fasilitas Video Call, ada fasilitas lain yang bisa diberikan 3G, misalnya saja Mobile TV. Tapi tampaknya fasilitas yang satu ini tidak akan menyentuh semua lapisan masyarakat. Mobile TV mungkin hanya akan digunakan oleh orang yang memiliki mobilitas tinggi sehingga tidak sempat untuk menonton televisi. Untuk masyarakat biasa, Mobile TV tampaknya harus mengakui keunggulan TV biasa yang lebih leluasa dilihat dibandingkan dengan handphone yang mempunyai layar tampilan yang sangat kecil. Begitu juga layanan data untuk bisa terhubung ke internet. Hal seperti ini bukan menjadi kebutuhan pokok yang mendasar bagi sebagian besar masyarakat yang lebih disibukkan oleh urusan perut, disamping karena pengetahuan dan pendidikan yang kurang di masyarakat.

Di masa yang akan datang, apapun teknologi komunikasi terbaru yang akan hadir ditengah masyarakat nantinya, hanya fasilitas Video Call yang mungkin akan digunakan oleh sebagian besar masyarakat di semua tingkatan sosial masyarakat. Sementara fasilitas lain dari teknologi tersebut hanya akan digunakan untuk kalangan tertentu saja.

24 July 2007

Windows Mobile Forum

Bagi anda pengguna PDA bersistemkan Windows Mobile, kini telah hadir sebuah forum yang difasilitasi oleh Website Resminya Microsoft atau yang lebih tepatnya lagi Windows Mobile Homepage. Content ini termasuk baru di Windows Mobile Homepage sebagai ajang diskusi bagi para pengguna Windows Mobile. Menurut websitenya forum ini dinamakan User Help Forums.

Sebagaimana diketahui Windows Mobile kini tengah populer dan banyak digunakan sebagai sistemnya beberapa merk PDA, setelah beberapa tahun kebelakang banyak PDA menggunakan sistem lain semisal Palm OS sebagai sistemnya. Forum dengan versi bahasa inggris ini menjadi ajang bagi para pengguna Windows Mobile untuk berdiskusi berbagai hal mengenai PDA bersistemkan Windows Mobile. Mulai dari Tip's & Trik, software, accessories, activesync dan yang lebih penting lagi adalah menemukan solusi dari masalah yang mungkin tengah terjadi di PDA anda. Sampai saat ini ada 10 sub forum yang terdapat didalam forum ini yang bisa anda pilih. Untuk lebih jelasnya anda bisa menemukan forum ini di www.forums.microsoft.com/windowsmobile.

Untuk bisa memposting tulisan anda di forum ini anda harus sign in dulu menggunakan account Windows Life ID atau bagi yang punya account di Hotmail, MSN, ataupun Microsoft Passport anda pun bisa menggunakannya langsung untuk Sign In di forum ini.

21 July 2007

3G and 4G

Ketika saya sedang asyik memainkan Yahoo Messenger saya di Handphone, tiba-tiba ada seseorang yang mengajak saya untuk Sharing mengenai tulisan saya tentang 4G disini. Sebut saja beliau Pak DN. Saya sangat senang sekali ternyata tulisan saya ada yang merespon. Tentu bagi saya yang sedang belajar dan sudah seharusnya manusia itu tetap harus belajar sampai kapan pun, respon negatif dalam artian jika ada yang salah, akan saya terima untuk perbaikan di masa yang akan datang, begitu juga respon positif akan saya terima untuk memacu diri saya untuk terus maju dan lebih baik lagi. Tapi ini bukan berarti dengan ini saya men-judge respon Pak DN negatif. Tapi lebih ke ungkapan kesenangan saya, sepanjang menulis di blog baru kali ini mendapat respon untuk bertukar pikiran mengenai artikel yang saya tulis.

Dalam perbincangan yang sangat singkat tersebut, Pak DN mengetengahkan mengenai tarif 3G. Menurut beliau tarif 3G tidak ada yang lebih mahal, karena tarifnya sama dengan voice call. Saya sempat bingung..atau boleh dibilang takut salah..,, apa saya menulis di blog tarif 3G lebih mahal. Sepengetahuan saya, klo ga salah, saya menulis "masih terasa mahal bagi masyarakat Indonesia". Saya tidak dapat menceknya, karena saya sedang dirumah. Dan saya tidak punya laptop untuk browsing (shadut : bagi yang mau berbaik hati, memberi laptop..., dengan senang hati.... :D ), tapi beruntung saya punya draft artikel di PDA saya ( baca : pinjaman ), lalu saya buka artikelnya, tapi saya tidak dapat menemukan kata-kata lebih mahal di artikel tersebut. Adapun kata-kata "masih terasa mahal bagi masyarakat Indonesia" mengacu pada perbandingan antara Voice Call dan SMS yang digunakan di masyarakat. Pengamatan saya, SMS lebih banyak digunakan dibandingkan Voice Call dan masih menjadi primadona di masyarakat. Oleh karena itu saya berkesimpulan tarifnya "masih terasa mahal". Karena jika sudah dirasakan murah masyarakat saya rasa tidak akan menggunakan sms lagi kecuali dalam momen-momen tertentu semisal lebaran.
Tak terkecuali untuk jalur CDMA. Ada teman saya yang mengatakan menggunakan CDMA justru lebih rugi mengunakan SMS daripada Voice Call, saya tanya kenapa? Ya karena di satu SMS hanya dapat menampung beberapa kata saja, sementara di Voice Call bisa bicara sepuasnya dengan harga yang tetap murah dibandingkan dengan GSM. Kira-kira bagaimana jadinya kalau tarif 3G lebih mahal dari Voice Call?

Sayang sekali pembicaraan dengan Pak DN sangat singkat, ketika Pak DN berkata " koq rasanya ada sedikit berbeda aja dengan apa yang ada di fikiran saya". Saya ingin lebih jauh bertukar pikiran dengan apa yang dirasakan berbeda itu. Tentu saya yang dipanggil "Pak" juga sama Pak DN ini ( Saya masih muda loh..., belum jadi bapak2 ), ingin belajar dari manapun.., dari siapa pun.., sepanjang itu baik. Karena kalau boleh terus terang pendidikan saya rendah dan saya kurang beruntung dalam hal pendidikan. Dari sedikit info di chat, saya mengira Pak DN ini bekerja di bidang 3G, yang banyak melakukan kerja sama dengan Telkomsel. Yang dapat saya sampaikan mengenai 3G di lingkungan saya adalah, di tempat kerja saya ( Roxy Square ) sinyal 3G Telkomsel sudah bisa digunakan walaupun kadang-kadang error dalam menggunakan Video Call. Sinyal 3G lain yang bisa ditangkap adalah Pro XL, sedangkan Indosat tidak ada sama sekali. Hal ini sangat disayangkan karena Roxy Square adalah salah satu pusat niaga Handphone. Satu hal lagi yang menarik adalah ketika temen saya di kampung ( Subang ) membeli HP 3G, merasa "kaduhung" (menyesal) karena ternyata tidak dapat menggunakan 3Gnya yang disebabkan tidak mendapatkan sinyal 3G. Tentu saja ini menjadi PR bagi para operator Handphone, dan membutuhkan investasi yang besar untuk membangunnya. Lalu apakah jika infrastruktur sudah dibangun, akan banyak masyarakat yang sering menggunakan 3G ini ( baca: Video Call ). Ini akan tergantung pada tarif 3G dan ekonomi masyarakat itu sendiri. Apakah nantinya akan sama dengan MMS yang sudah dibangun, tapi masyarakat tetap setia dengan SMS?

18 July 2007

Garansi 18 Bulan O2 Atom Life

Mungkin anda terheran-heran atau mungkin bertanya-tanya..., 18 Bulan..? Ko...18 bulan..? Bukannya 12 bulan..? Memang.., lazimnya sebuah produk dalam hal ini PDA ataupun Ponsel ataupun produk-produk elektronik yang lainnya, produsen memberikan garansi purna jual adalah 12 bulan alias satu tahun.

Ya...., itulah yang diberikan oleh salah satu distributor resmi O2 untuk Indonesia. Distributor tersebut adalah Triyaso bekerja sama dengan Astech sebagai satu-satunya Service Center Resmi O2 untuk Indonesia. Produk yang diberikan garansi 18 bulan adalah khusus untuk O2 Atom Life yang didistribusikan oleh Triyaso. Pastikan terdapat logo 18 Bulan Garansi yang tertera pada Kartu Garansi untuk mendapat jaminan garansi tersebut. Untuk diketahui bahwa sejak kemunculannya O2 di Indonesia, distributor resmi O2 pertama untuk Indonesia adalah Sistech yang kini sudah putus hubungan dan kini beralih menjadi distributornya Dopod. Kemudian O2 menunjuk Selular Shop sebagai penerusnya. Seiring berjalannya waktu O2 pun menunjuk distributor lainnya sebagai distributor resminya yaitu C2O ( baca: si tu o ) dan Triyaso.

O2 atom Life adalah PDA 3G dengan mengusung teknologi HSDPA untuk urusan internet yang bisa berinternet ria dengan kecepatan hingga 14,4 Mbps dan SRS HD Surround untuk urusan suara yang bisa menghanyutkan anda dalam buaian musik menggunakan handsfree anda. Selain itu lompatan besar juga dalam hal memori, Atom Life memberikan kapasitas memori internal 1 Gb untuk menampung data, yang tidak bisa diberikan oleh generasi sebelumnya. Jadi..., tidak ada alasan lain untuk tidak memilikinya kan...? Atom Life tersedia dengan warna hitam dan putih.

17 July 2007

Jadikan O2 anda Sebagai Card Reader

Ketika anda berkesempatan melihat-lihat komputer teman, tentu dengan seijinnya dan menemukan file-file yang menurut anda menarik lalu anda ingin mengcopynya, hal yang pertama terpikirkan adalah media untuk mengcopy file tersebut. Tentu saja flash disk. Tapi bagaimana kalau lupa bawa? Bagi pengguna O2 ada alternatif lain yang bisa digunakan, yakni menjadikan PDAnya sebagai Card Reader / USB Mass Storage.

Ya..., di beberapa type PDA O2, terdapat satu fasilitas yang bisa menjadikan PDA anda sebagai Card Reader, tentu saja Card Reader disini tidak seperti Card Reader biasanya yang memiliki beragam slot memory card, tapi hanya sebatas slot yang tersedia di PDA saja. Rata-rata memori card yang dipakai adalah mini SD. O2 yang bisa digunakan sebagai Card Reader antara lain O2 Zinc, O2 Stealth, O2 Atom Life, dan O2 Flame.

Kenapa tidak pakai synchronize saja? Tentu anda akan bertanya seperti itu. Memang untuk melakukan copy paste bisa dilakukan dengan synchronize menggunakan ActiveSync. Tapi tidak semua komputer orang lain punya ActiveSync di komputernya kecuali bagi pengguna O2 saja. Hal inilah yang mendasari O2 menambah fitur yang satu ini.

Untuk bisa mulai menggunakannya, yang diperlukan adAlah kabel data dan tentu saja PDA dan memory cardnya. Sebelum menghubungkan kabel data ke komputer, kita rubah dulu setingan koneksinya. Itu bisa kita temukan di menu Start -> Settings -> Connections -> USB to PC. Lalu pilih " Mass Storage Mode ". Setelah itu colok kabel data anda ke PDA, dan komputer akan mendeteksi PDA anda sebagai Card Reader.

16 July 2007

Windows Mobile 6

Windows Mobile merupakan salah satu sistem operasi yang dikeluarkan oleh Microsoft yang diterapkan untuk PDA. Hingga kini, versi terbaru dari Windows Mobile adalah Windows Mobile 6, yang dirilis bulan Februari 2007. Sebagai penerus dari Windows Mobile 5, ada beberapa fitur-fitur baru yang ditanamkan dalam Windows Mobile 6 atau yang lebih familiar dipanggil WM 6 ini.

Fitur baru yang terdapat pada Windows Mobile 6 ini antara lain adanya Windows Live Messenger yang membuat anda bisa tetap berkomunikasi lewat chat dengan relasi atau teman anda di PDA. Bagi anda yang terbiasa searching kini anda tak perlu repot lagi karena sudah ada Fitur Live Search untuk searching di dunia maya. Ada juga Fitur Encryption Data untuk mengenkripsi data yang bisa membuat data-data penting di Storage Cards anda aman dari orang yang tidak berkepentingan. Microsoft juga selain menanamaan Feedback untuk Error Reporting, menyediakan pula fitur Windows Updates apabila ada perbaikan-perbaikan di Windows Mobile yang bisa anda download langsung.

Beberapa produsen PDA sudah mengaplikasikan Windows Mobile 6 ini di produk-produknya. Salah satunya adalah PDA dari O2. Produk O2 yang sudah bisa menggunakan WM 6 saat ini adalah O2 Zinc dan O2 Atom Life. Kesan yang berbeda ketika menggunakan WM 6 di PDA O2 adalah ketika menekan menu Start, tidak ada Notifikasi Sound yang terdengar seperti halnya yang biasa terdengar di WM sebelumnya. Selain itu menu aplikasi seperti Word dan Excel, sekarang diletakan di menu Start yang sudah mempunyai groups tersendiri dan diberi nama Office Mobile. Hal ini agak sedikit membingungkan bagi pemakai WM lama ketika mencari menu Word atau Excel yang biasa terdapat pada menu Start -> Program. Beralih ke WM 6...!!??

Jeyo Mobile Companion

Short Messaging Service atau lebih dikenal dengan SMS, masih menjadi andalan bagi para operator Handphone di Indonesia. Hal ini dikarenakan pengguna layanan ini yang begitu besar, mulai dari kalangan bawah hingga kalangan atas, mulai dari pengguna HP biasa hingga PDA. Di PDA, ada berbagai alasan untuk memback-up sms dan contact anda supaya tidak hilang ataupun sekedar ingin mengabadikan sms anda dan mencetaknya di printer

Hal tersebut bisa anda lakukan salah satunya dengan menggunakan program yang dinamakan Jeyo Mobile Companions. Program yang berbasiskan Komputer Desktop ini bisa membackup semua sms di PDA anda mulai dari Inbox, Outbox, Sent Item, Draft bahkan folder Delete ke komputer. Selain SMS, anda juga bisa membackup contact anda yang ada di PDA. Ada berbagai pilihan format output dari program backup ini, antara lain format standar yang berakhiran spd ataupun format text yang berakhiran txt jika anda berniat mencetaknya ke printer.

Bagi anda yang ingin mendapatkan softwarenya, bisa anda kunjungi Website Resminya di http://www.jeyo.com. Anda juga bisa mencoba versi trialnya yang bisa diinstallkan di komputer anda dengan batasan penggunaan software selama waktu tertentu.

09 July 2007

Synchronize on Mac

Mac...! Mungkin anda pernah mendengarnya atau mungkin pula sebagian yang lain belum pernah mendengar apa itu Mac? Macintosh atau biasa dipanggil Mac adalah nama salah satu operating system komputer layaknya Microsoft Windows. Mac banyak digunakan di daratan eropa dan amerika dalam pengoperasian komputer. Jarang sekali orang Indonesia menggunakan operating sistem Mac. Makanya mungkin terasa asing bagi telinga kita yang sudah terbiasa menggunakan sistem operasi Microsoft Windows.

Tapi ada beberapa orang yang bertanya mengenai Mac ini. Utamanya mengenai synchronize PDA PPC. Apa bisa sinkronisasi PDA Pocket PC ke Komputer Mac? Sebagian penanya sudah mencobanya, dah hasilnya tidak bisa. Ya..., peluang untuk Berhasil memang sangat kecil. Hal ini disebabkan perbedaan yang sangat mendasar di operating sistem. Tentu saja sistem Mac sangat berbeda dengan Sistem Windows, sementara itu untuk sinkronisasi perlu beberapa kesamaan agar terbentuk keselarasan data antara PDA PPC dan komputer. PDA Pockect PC akan lancar-lancar saja sinkronisasi dengan komputer bersistemkan microsoft windows, hal ini dikarenakan PDA Pocket PC menggunakan sistem Windows Mobile yang notabene keluaran microsoft juga.

Karena perbedaan inilah diperlukan software-sofware tambahan untuk Bisa melakukan sinkonisasi antara PDA PPC yang bersistemkan Windows Mobile dengan Komputer bersistemkan Macintosh. Bagi anda pengguna Mac, mungkin anda bisa mencoba software di link ini . Menurut websitenya, dengan program ini, sudah bukan menjadi masalah lagi jika anda ingin melakukan PDA bersistemkan Pocket PC di komputer Mac anda.


06 July 2007

Teknologi 4G

Perkembangan teknologi 3G di Indonesia hingga saat ini terkesan lambat sekali. Selain jaringan 3G yang masih sedikit, ponsel 3G yang masih relatif mahal, dan komunikasi yang mengandalkan fasilitas Video callnya ini, tarifnya pun masih dirasakan mahal bagi masyarakat Indonesia. Pada saat peluncurannya, memang sangat booming sEkali. Hal ini dikarenakan masih gratisnya content tersebut. Tapi setelah tarif mulai diberlakukan, 3G harus bekerja keras untuk menarik minat masyarakat yang lebih cenderung memilih kOmunikasi yang murah. Hal ini sangat mengkhawatirkan akan gagalnya 3G, seperti halnya yang terjadi pada teknologi MMS. Tapi tahukah anda? Sementara 3G sedang bekerja keras mensosialisasikan diri di masyarakat, sebentar lagi akan segera hadir teknologi 4G? Apakah itu teknologi 4G?

4G adalah singkatan dari fourth generation yaitu generasi penerus dari teknologi 3G. Menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) nama resmi dari teknologi ini adalah 3G and beyond. Perbedaan yang sangat menonjol dari teknologi komunikasi ini adalah seluruh jaringan yang digunakan adalah berbasis IP ( Internet Protokol ). Teknologi yang dipakai adalah Session Initiation Protocol ( SIP ) yang dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force ( IETF ). Jadi.., identifikasi / pengenal dari setiap pengguna teknologi ini nantinya tidak akan menggunakan number seperti +62 21 xxxxxxxx, tapi akan berupa URL seperti sip:hadiiryana@contoh.com

Kecepatan transfer data dari 4G ini bisa mencapai 54 Mbps, ini jauh lebih besar dari teknologi 3G yang hanya bisa mencapai 2 Mbps, ataupun HSDPA yang dikenal dengan 3,5 G yang hanya bisa mencapai 14,4 Mbps di jaringan GSM. Dengan besarnya kecepatan transfer data, hal ini akan akan terasa nyaman dalam melakukan video call ataupun mobile tv.

Dengan mengandalkan jalur internet dan murahnya koneksi internet, tentu sangat menggembirakan dalam penggunaan teknologi 4G ini dalam berkomunikasi dibandingkan dEngan teknologi komunikasi yang ada saat ini. Di masa yang akan datang, berkomunikasi akan dilakukan dengan menggunakan laptop, PC ataupun PDA yang mempunyai koneksi Wifi untuk menghubungkan ke internet, atau juga handset/ponsel tersendiri yang bisa terhubung ke internet. Ini akan menjadi suatu revolusi teknologi komunikasi yang besar dikarenakan akan terciptanya komunikasi yang murah bagi masyarakat. Jadi, Anda sudah siap...? Kita nantikan bersama....!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More