Jasa Isi Aplikasi iPad/iPhone

Bagi anda yang mau mengisi aplikasi game atau aplikasi lainnya seperti office / productivity ataupun tools lain untuk iPad / iPhone / iPod Touch

Blackberry Z3

Smartphone BlackBerry® Z3, Jakarta Edition hadir dengan BlackBerry®10 dalam layar 5”

shadut dot com

Welcome to shadut.com. Selamat datang di website shadut.com. Mulai tanggal 3 januari 2010, link blog ini yang biasa diakses di http://shadut.blogspot.com, beralih dan dapat diakses dengan menggunakan alamat www.shadut.com.

Kasenian Sunda Sisingaan

Kasenian Sunda Sisingaan dari Subang Propinsi Jawa Barat - Indonesia khususnya di tempat saya di Kecamatan Kalijati umumnya digelar pada acaran hajatan sunatan anak-anak.

Blackberry Curve 8520

Pengguna Blackberry di Indonesia kini bisa merasakan Handheld keluaran terbaru dari Research In Motion ( RIM ) setelah beberapa saat tertahan akhirnya resmi dirilis di Indonesia.

29 June 2007

Synchronize O2 di Windows Vista

Sering saya mendengar...., ko PDA saya ga bisa synchronize di Windows Vista sih...? Begitulah kira-kira yang terlontar dari para pengguna Windows Vista ketika ingin synchronize PDAnya. Saya sendiri tidak cukup tergerak untuk menelusuri hal tersebut. Hal ini disebabkan komputer saya masih berkutat pada Windows XP dan saya berpikiran kayanya masih sedikit pengguna Windows Vista di Indonesia, atau mungkin saya yang kurang mengikuti mengenai perkembangan pengguna Windows Vista yang ternyata mungkin sudah banyak penggunanya.

Jadi penasaran nih...!! Tapi gimana dong..? Komputer saya sendiri masih menggunakan sistem Windows XP. Tapi tak apalah.., sekedar ingin tahu tanpa harus mencobanya kan tidak ada salahnya. Mungkin di waktu yang akan datang klo dapet Windows Vista sudah dapet pengetahuan dasarnya.

Langkah pertama, tentu saja browsing di internet. Website yang pertama dikunjungi adalah website resmi O2. Disitu saya diarahkan ke websitenya Microsoft windows mobile yang kemudian mendapati satu program yang dinamakan Windows Mobile Device Center for Windows Vista. Dengan program ini anda bisa mensinkronisasi kontak, email, appointment, task ataupun copy paste file-file anda di PDA dengan komputer. Versi program ini ketika saya mengunjungi websitenya adalah versi 6.1. Menurut websitenya, program ini hanya tersedia untuk Sistem Operasi Windows Vista dengan berbagai variannya seperti Windows Vista™ Ultimate, Windows Vista™ Enterprise, Windows Vista™ Business, Windows Vista™ Home Premium, Windows Vista™ Home Basic, Windows Vista™ Server "Longhorn".

Program ini bisa mendukung PDA bersistemkan Windows Mobile 2003, Windows Mobile 2003 Second Edition, Windows Mobile 5.0, Windows Mobile 5.0 with Messaging and Security Feature Pack, Windows Mobile 6, Windows Embedded CE 6.0. Bagi anda yang ingin mencoba, anda bisa mendownloadnya di http://www.microsoft.com/windowsmobile/devicecenter.mspx

21 June 2007

PDA 3G Dari O2

O2 kembali mengeluarkan jajaran PDA terbarunya yang berteknologikan 3G. PDA tersebut antara lain, O2 Zinc, Atom Life, dan O2 Flame. Sementara untuk jenis smartphone, O2 mengeluarkan produk 3G-nya yang dinamakan dengan Graphite.

O2 Zinc
O2 Zinc adalah PDA 3G yang paling pertama keluar di jajaran O2 untuk pasaran Indonesia. Didukung dengan prosesor Intel XScale PXA 270 Processor at 520MHz + Intel Hermon yang dilengkapi dengan keypad qwerty, PDA ini bermodelkan slide yang bisa geser ke sebelah kiri. Zinc dilengkapi dEngan Camera 2M pixel, dan camera VGA untuK fasilitas Video Callnya. Dengan menggunakan sistem Windows Mobile 5, didalamnya terdapat program seperti Microsoft Office Outlook Mobile with Direct Push Technology^ • Microsoft® Office programs for Windows Mobile • Pocket MSN • Internet Explorer Mobile • Windows Media Player 10 Mobile • Windows ActiveSync 4.2 • Calculator • File Explorer • O2 exclusive applications : • O2 Autoconfig • O2 Connect • O2 Plus • O2 Phone Plus • O2 SMS Plus • O2 Message Plus • O2 AutoInstall • CodeWallet® Pro • Cyberon Voice Commander • GPRS Monitor • Jeyo Mobile Extender 2.0 (Available on Companion CD) • Jeyo SMS Backup • Java 2 Micro Edition™ (J2ME) • MMS Client (integrated) • WorldMate® • PDF Viewer • Self Diagnostics • Video Telephony • Wireless Manager


O2 Atom Life
PDA 3G ini merupakan Penerus dari keluarga O2 Atom, berprosesorkan Intel XScale® PXA 270 Processor at 624 MHz mengusung teknologi HSDPA untuk koneksi ke internet yang bisa mendownload data hingga 14.4 Mb. Rasakan pula sensasi suara surround menggunakan HF anda dengan teknologi SRS WOW yang di sertakan di PDA ini. Dan untuk menampung data, Atom Life memberikan kapasitas memori internal hingga 1 GB, dan jika terasa kurang, ada slot mini sd untuk memori eksternal anda. Untuk mengabadikan momen-momen penting, Atom Life dilengkapi dengan Camera 2 M Pixel with Macro fokus yang menghasilkan gambar yang jernih.

O2 Flame
Bagi anda yang memerlukan tampilan layar yang besar, mungkin anda harus memilih PDA yang satu ini. Dengan ukuran layar 3.6" TFT VGA LCD 480 x 640 dots resolution, PDA ini digerakan oleh chip NVIDIA® GoForce® 5500 3D Hardware Accelerator sebagai pengendali tampilan grafisnya yang bisa menghasilkan kualitas gambar yang lebih tajam. Prosesor yang digunakan Flame adalah Intel® XScale® PXA 270 Processor at 520 MHz dan RAM 128 MB dengan kapasitas memori internal hingga 2 GB untuk menampung data anda, dan jika kurang, ada slot Micro SD untuk memori eksternal anda. Sama halnya dengan Atom Life, untuk masalah suara disertakan pula teknologi SRS WOW di PDA ini. Hal lain yang disertakan PDA ini adalah kemampuan transfer tampilan layar anda ke TV ataupun Projector. Selain itu fungsi Remote Control melalui port Infra Red ( IR ) dengan daya jangkau bisa mencapai 4 meter yang bisa difungsikan sebagai Remote Control AC ataupun Remote Control TV. Di bagian camera, flame menggunakan camera 2 M pixel Auto Fokus dan camera VGA untuk Video Callnya.

O2 Graphite
Setelah sekian lama, akhirnya O2 mengeluarkan kembali produk terbarunya yang berjenis smartphone. Dengan tampilan yang lebih cool dan tampilan layar yang lebih tajam dari generasi smartphone sebelumnya, produk ini dinamakan O2 Graphite. Nuansa berbeda juga lebih terlihat pada menu-menunya yang lebih aktraktif. Handphone ini lebih cacok bagi anda yang praktis dengan fasilitas 3G dilengkapi camera 2 M pixel dan camera VGA untuk Video Call. Untuk urusan data, disediakan slot memori eksternal Micro SD.

Untuk lebih lengkapnya bisa anda lihat juga di situs resminya www.seeo2.com

20 June 2007

Agile Messenger, Chating di PDA atau Handphone Anda

Nah..., ini dia salah satu aplikasi untuk chating yang patut anda coba di PDA ataupun Handphone anda. Namanya Agile Messenger. Jika biasanya anda berchating ria Yahoo Messenger di komputer, kini anda pun bisa berchating ria menggunakan aplikasi ini di PDA atau handphone anda, jadi anda bisa online dimanapun tanpa harus connect menggunakan laptop ataupun komputer biasa. Menyenangkan bukan...?

Agile Messenger bisa digunakan dengan menggunakan account Yahoo, Google, MSN, ICQ, AOL, ataupun XMPP. Anda bisa menggunakan aplikasi ini menggunakan koneksi GPRS ataupun Wifi dari PDA atau HP anda. Aplikasi ini sangat mudah dalam pengunaannya, menu-menunya sangat sederhana, sehingga sangat stabil sekali jika dibandingkan dengan aplikasi lain yang sejenis.
Saya pun tentunya telah mencoba aplikasi ini dalam versi trialnya menggunakan account Yahoo di PDA dan yang saya rasakan, saya jarang mengalami disconnected ketika sedang online, jarang error, sangat irit biayanya, dan kemudahan dalam menu-menunya.

Hingga artikel ini ditulis, versi terakhir aplikasi ini adalah versi 72 untuk PPC. Yang sangat disayangkan dari aplikasi ini adalah tidak adanya fasilitas chat room, sehingga anda tidak bisa mencari teman tambahan kecuali teman-teman yang sudah di add sebelumnya. Tapi meskipun begitu anda tetap bisa meng add teman baru anda dengan add contact jika anda punya contact baru.

Aplikasi ini bisa digunakan di beberapa PDA ataupun Handphone biasa seperti O2, HP, Nokia, SE, dan yang lainnya. Anda bisa mendownload versi trial aplikasi ini di website resminya Agilemobile.com. Dalam versi trialnya anda bisa mencoba aplikasi ini selama 7 hari, sedangkan untuk versi fullnya anda diminta mengeluarkan beberapa puluh dolar untuk dapat memilikinya.
Tertarik..? Silahkan lihat websitenya http://www.agilemobile.com/

13 June 2007

Internet Sharing

Di PDA O2 untuk type-type tertentu terutama type O2 yang baru, ada fasilitas yang namanya Internet Sharing. Fasilitas ini dapat anda temukan antara lain di O2 Stealth, O2 Zinc, Atom Life, dan O2 Flame. Sebenarnya apa kegunaan dari Internet Sharing ini?

Internet Sharing sebenarnya sama fungsinya dengan Wireless Modem yang terdapat di PDA O2 lainnya semisal XDA IImini, XDA II ataupun yang lainnya, yaitu menjadikan PDA O2 menjadi modem dengan koneksi GPRS. Hanya saja, Internet Sharing ini penggunaannya dipermudah, tidak seperti fasilitas Wireless Modem yang harus membuat dialer modem terlebih dahulu.

Untuk bisa menggunakannya, berikut adalah langkah-langkahnya. Cara dibawah ini menggunakan kabel data ( USB Cable ) untuk koneksi ke Laptop / PC. Anda dapat pula menggunakan bluetooth sebagai media koneksi ke Laptop / PC anda.

1. Non aktifkan koneksi ActiveSync di Laptop / PC anda.
2. Lakukan Auto Config GPRS di PDA anda, sesuaikan dengan kartu yang sedang dipakai.
3. Setelah itu, colok USB Cable komputer ke PDA anda.
4. Di PDA anda, pilih start --> program --> Internet Sharing
5. PC Connection --> USB
6. Network Connection --> settingan gprs anda, misalkan satelindogprs untuk satelindo
7. Setelah itu klik " Connect ", dan PDA otomatis akan koneksi GPRS.
8. Apabila sudak terkoneksi, anda sudah bisa menggunakan internet di browser Laptop / PC anda.
9. Apabila Laptop / PC anda meminta driver modem, anda bisa installkan drivernya dari CD bawaan unit PDA anda.
10. Selamat mencoba

08 June 2007

Parameter Setting GPRS

Berikut adalah beberapa parameter untuk mensetting GPRS di PDA ataupun Handphone secara manual untuk Operator yang ada di Indonesia. Untuk mensetting GPRS secara otomotis di PDA O2 sendiri, anda bisa lihat disini. Berikut adalah paramater setting yang digunakan untuk semua operator yang ada di Indonesia :

Telkomsel
APN --> telkomsel
Username --> wap
Password --> wap123

IM3
APN --> www.indosat-m3.net
Username --> gprs
Password --> im3

Proxl
APN --> www.xlgprs.net
Username --> xlgprs
Password --> proxl

Matrix
APN --> satelindogprs.com
Username --> kosongkan
Password --> kosongkan

Mentari
APN --> indosatgprs
Username --> indosat
Password -->indosat

*) APN --> Access Point Name

Menjadikan Modem di PDA O2

Berinternet di PDA tentu sangat menggembirakan, terutama bagi orang yang memiliki mobilitas tinggi. Sebagai contoh dapat kita gambarkan jika didalam perjalanan kita membutuhkan koneksi ke internet, maka anda bisa melakukannya dengan menggunakan PDA melalui koneksi GPRS. Tapi terkadang kita tidak merasa puas dengan terbatasnya tampilan yang tersedia di PDA yang cenderung kecil. Terkadang anda berpikir, apakah bisa koneksi GPRS di PDA tersebut bisa disharing ke Laptop ataupun ke PC? Dengan kata lain PDA tersebut dijadikan modem? Sehingga kita dapat leluasa berinternet di Laptop dengan koneksi GPRS. Untuk itulah di PDA O2 tersedia fasilitas Wireless Modem. Fasilitas ini memungkinkan PDA anda dijadikan modem dengan mengunakan koneksi GPRS.

Baiklah, langkah pertama untuk menjadikan PDA anda sebagai modem tentunya anda harus mempunyai Simcard yang sudah aktif GPRSnya dan mensetting GPRS di PDA anda. Cara mensetting GPRS di PDA anda sendiri, dapat dilihat disini. Langkah berikutnya, anda harus menonaktifkan koneksi ActiveSync di Laptop/PC anda. Caranya, masuk program ActiveSync di Laptop / PC anda, pilih file --> Connection Settings --> hilangkan tanda centang pada menu “Allow USB connections” dan “Allow connections to one of the following”, lalu tutup program ActiveSync anda. Setelah itu kita beralih pada PDA anda, klik menu Start --> Program --> Wireless Modem. Pada pilihan Connection type pilih USB, kemudian klik Start.

Selanjutnya hubungkan kabel data dari Laptop ke PDA anda, dan laptop akan mendeteksi PDA anda sebagai modem, setelah itu laptop/PC akan meminta anda menginstall driver modem tersebut. Anda bisa mendapatkan driver modem tersebut pada CD yang terdapat pada paket penjualan PDA anda, atau jika CDnya hilang anda bisa mencari di internet ( Search Engine ) dengan kata kunci "USB Modem Dialer". Sebagai catatan, jangan menghubungkan kabel data anda ke PDA sebelum mengklik Start pada Wireless Modem karena Laptop/PC anda tidak akan mendeteksi modem PDA anda.

Setelah instalasi driver modem selesai di Laptop/PC anda, selanjutnya kita akan membuat koneksi dialer di Laptop/PC anda. Berikut langkahnya :
1. Klik Start --> Setting --> Control Panel --> Network Connections
2. Pilih Create a new connection --> Next
3. Network Connection Type --> pilih “Connect to the Internet” --> Next
4. Getting ready --> pilih “Set up the connection manualy” --> Next
5. Internet Connection --> Connect using dial up modem --> Next
6. ISP Name --> Isi dengan Access Point Name ( APN ) operator anda
7. Phone Number --> isi dengan *99# lalu Next
8. Pada Internet Account Information, Username dan Password isi dengan Username dan Password koneksi GPRS operator anda. Paramater dari APN, Username dan Password dari operator yang ada di Indonesia, bisa anda lihat disini.
9. Hilangkan tanda centang “Make this default Internet Connection” jika anda tidak menginginginkan koneksi yang sedang anda bikin ini menjadi koneksi default di komputer anda. ( Recommended )
10. Next dan Klik Finish

Setelah itu anda tinggal melakukan dial-up menggunakan koneksi yang baru ana bikin di Laptop / PC anda untuk mengakses internet.


Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More