03 December 2007

Dangdut vs Pop

Dangdut vs Pop. Lho.., Bukannya Metal vs Dugem. Yup.., Kalau lagunya Project Pop memang judulnya Metal vs Dugem, tapi kali ini saya ingin membicarakan rivalitas antara Dangdut dan Pop kok..., yang juga dijadikan sebagai ajang kompetisi di salah stasiun televisi swasta yang ada di Indonesia.

Kenapa saya ingin membicarakan hal ini..? Ini karena saya terinspirasi ketika saya menulis artikel. Anda tahu tidak...? ( Tentu saja tidak dong.., hehehe...) Dalam menulis artikel kebanyakan saya selalu menggunakan PDA ( Pinjaman boo..) sambil dengerin musik pake handsfree dan sambil tiduran pula didepan televisi yang kadang-kadang sepintas saya lirik. Dan kebanyakan atau lebih seringnya musik yang didengar tersebut adalah musik dangdut ketika menulis artikel. Tapi terkadang juga musik pop.

Dalam hal musik mungkin saya bisa dibilang termasuk orang yang flexible, karena pada dasarnya saya suka semua jenis musik dan saya tidak fanatik terhadap satu jenis musik tertentu, tidak seperti temen saya yang fanatik terhadap satu aliran musik tertentu dan membenci aliran musik lainnya. Pop, Dangdut, Rock, Metal, Ska, Jazz, Religi, Musik Padang Pasir, Jaipongan, Pop Sunda, Cianjuran, Degung, Kacapian, Kacapi Suling, Tarlingan, dll semuanya pokoknya masuk buat saya. Itu membuat saya enJoy ketika ada orang lain memutar musik apa saja, tidak seperti temen saya yang menjadi panas kuping dan menutup telinga ketika orang lain memutar aliran musik yang tidak disukainya. Nah.., dalam mendengarkannya sendiri tergantung suasana hati karena sebagus-bagusnya lagu dalam satu aliran lagu, akan tidak terasa enak didengar jika memang hati kita tidak sedang mut untuk mendengarkan aliran lagu tersebut. Dalam perkembangannya sendiri, saya sangat salut terhadap perkembangan aliran musik pop dibandingkan dengan dangdut. Lihat saja kemunculannya band-band baru hingga aliran musik pop lebih kreatif membuat lagu dan variatif. Tidak seperti halnya dangdut yang sedikit sekali menciptkan lagu-lagu baru. Yang ada kebanyakan hanyalah lagu-lagu lama yang diaransemen ulang dan dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi baru yang mengandalkan kemolekan tubuh dan goyangan yang heboh hanya semata untuk mendongkrak popularitas. Terkadang lagu-lagu aliran lain pun, dibikin lagu versi dangdutnya. Sungguh kurang kreatif ataukah kreatif yang kebablasan....!!!???

2 komentar:

yang jelas saya tidak *weks tidak apa yah?

dangut is the best www.dangdutkoplo.wordpress.com

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More