01 December 2007

3G Indosat

Setelah sekian lama menunggu, entah kapan mulai aktifnya, 3G Indosat kini sudah mulai bisa digunakan ditempat kerja saya yang sebelumnya masih belum tercoverage untuk 3G-nya. Hal tersebut saya ketahui ketika tengah melakukan tes unit PDA 3G dengan menggunakan O2 Atom Life. Walaupun agak terlambat, tentunya ini akan menyenangkan terutama bagi pengguna kartu Indosat. Selama ini, ditempat kerja saya selalu kesulitan untuk mengetes unit terutama yang berhubungan dengan 3G menggunakan kartu Indosat disebabkan tidak adanya sinyal 3G Indosat.

30 Nopember 2007, saya melakukan test unit menggunakan O2 Atom Life dengan menggunakan kartu IM3. Setelah PDA siap digunakan, kemudian saya perhatikan simbol GPRSnya, ternyata simbolnya sudah berubah dari simbol G menjadi 3G. Lalu saya pun bertanya kepada teman sebelah saya yang menggunakan kartu Mentari yang kebetulan dulu bareng dalam mengaktifkan 3G-nya, apakah kartunya sudah aktif 3G-nya..? Tapi pada kesempatan tersebut ternyata kartunya belum aktif 3Gnya. Selang beberapa jam kemudian, teman saya mengkonfirmasi ulang bahwa ternyata kartunya sudah aktif 3G-nya. Dari hal tersebut diatas, kemungkinan 3G Indosat di tempat saya ini memang baru aktif.

Belum dapat dipastikan, apakah dengan aktifnya sinyal 3G dari indosat ini dibarengi dengan pengaktifan fasilitas HSDPA atau tidak..? Karena ternyata O2 Atom Life yang memiliki dukungan terhadap HSDPA tidak bisa menampilkan indikator HSDPA. Di beberapa produk lain, jika handset tersebut bisa menangkap sinyal HSDPA maka indikatornya akan berubah menjadi H. Sementara di O2 Atom Life ketika dia bisa menangkap sinyal HSDPA, tetapi indikator yang ditampilkan tetap indikator 3G.

2 komentar:

sepertinya tampilan H tergantung dari kekuatan sinyal HSDPA itu sendiri. kadang di O2 xda atom life yang saya gunakan tampilan H ada.. cukup lama sampai tiba2 menjadi 3G lagi karena mgkn sinyal di daerah tempat saya berada tidak kuat.

Betul, karena mungkin tidak semua BTS mendukung HSDPA. Jadi sinyal yang didapat belum bisa maksimal.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More