09 November 2007

Bisnis Online

Sampai sejauh ini saya belum cukup mengerti apa yang dimaksud dengan bisnis online, karena hingga kini saya tidak tahu kepada siapa harus belajar? Bagaimana cara memulainya terus mengelolanya dan akhirnya menghasilkan. Tentunya yang namanya bisnis pastinya bertujuan menghasilkan sesuatu dalam arti income walaupun terkadang atau bisa jadi tidak sesuai dengan harapan yang ingin kita capai. Lantas, apakah blog juga merupakan bagian atau bisa dinamakan bisnis online?

Menurut pemahaman saya secara garis besar Bisnis Online adalah cara mendapatkan income / pendapatan secara online melalui media internet. Pendapatan ini bisa dihasilkan misalkan dari iklan atau menjual produk-produk secara online. Iklan sendiri bisa dengan menerima iklan langsung ataupun menjadi publisher dengan metode Pay Per Klik semisal Google Adsense. Sementara itu media yang digunakan di internet bisa dengan membuat hosting domain name sendiri ( berbayar ) ataupun yang gratisan semisal blog. Walaupun blog merupakan hosting gratisan, tetapi ternyata tidak sepenuhnya gratis. Bisa saja kita menjadikan blog sebagai bisnis online dengan adsense. Tetapi untuk bisa koneksi ke internetnya kita harus mengeluarkan biaya. Mungkin juga banyak diantara anda yang beruntung dengan memanfaatkan koneksi internet di kantor sebagai media penghubung. Tapi anda harus lebih pintar, karena jangan sampai aktifitas ini mengganggu dalam tanda kutip menghambat pekerjaan anda.

Dari semuanya itu ternyata diperlukan ekstra kerja keras untuk bisa mewujudkan tujuan yang ingin kita capai. Saya pernah baca di blog sebelah bahwa anda tidak boleh mengatakan sibuk untuk mengurusi blog karena orang yang berhasil adalah orang yang selalu sibuk, apalagi kalau malas, tampaknya sulit untuk mewujudkan tujuan tersebut. Setelah mempunyai domian misalkan di blog, yang sulit adalah mengelolanya untuk tetap dapat eksis dan menghasilkan. Tentunya blog harus diisi dengan sesuatu yang menarik pengunjung entah itu artikel, gambar ataupun yang lainnya. Karena semakin banyak pengunjung, semakin banyak kesempatan untuk iklan yang mungkin dikonsumsi pengunjung entah iklan yang hanya dilihat ataupun yang diklik bahkan mungkin produk yang dibeli secara online. Oleh sebab itu perlu dipikirkan akan diisi apa blog atau domain kita yang sekiranya banyak dicari orang didunia maya. Lebih bagus lagi jika isi content dari domin kita dalam bahasa inggris, karena akan dikonsumsi oleh pengguna internet seluruh dunia. Dan terakhir adalah berdoa setelah kita berusaha dan pada akhirnya bertawakal.

4 komentar:

Bisnis online mungkin banyak sekali jenisnya.. kalau menurut saya sih sama saja dengan bisnis konvensional hanya saja berbeda media.. jadi bisnis konvensional yang dijalankan secara online via internet itulah yang dinamakan bisnis online.

Sebagai contoh.. ada orang jualan bumbu masakan via internet, silahkan lihat di http://www.baconsalt.com

Ada juga yang membuat kursus pembelajaran bisnis online/internet marketing secara online, info saya dapat di http://anne-ahira.buku-profitable.com

Contoh lain.. kalau dulu orang menjalanka MLM secara offline, menawarkan dari rumah ke rumah, sekarang dilakukan via website..

Tapi hati2, banyak orang yang terjerumus ke bisnis online dengan program "cepat kaya", seperti arisan berantai, scheme piramida, dll..

Betul sekali, bisnis online bukan program cepat kaya. Diperlukan kerja keras, waktu, pengetahuan, praktek dan komitmen untuk tetap fokus..

Ternyata ada juga toh kursusnya bisnis online. sepengetahuan saya dari apa yang saya dengar dan baca, sangat sulit sekali menemukan pembelajaran akan bisnis online ini. Orang yang dikatakan telah sukses di bisnis ini cenderung tidak mau terbuka untuk membagikan ilmu tanpa tahu alasan jelasnya. Menurut saya memang sangat diperlukan sekali pembelajaran mengenai ini untuk mendorong kehidupan dan perekonomian rakyat dan bangsa. Tetap Semangat...!!

Cara cerdas memiliki gaji diatas 30 juta per bulan dengan modal kurang dari 500 ribu!
Info Adsense, e glod, adbrite...
http://inspirasi.athost.net

Wah menarik juga nih mas..betul tuh yang dikatakan mas kevin...
Bisnis online tidak ada bedanya dengan bisnis kovensional. Bisnis online ada baiknya sih kita yang jalankan sendiri. Mungkin selama ini kita mempunyai bisnis yang dijalankan secara offline yah tinggal kita onlinekan aja. Lebih efektif dan tidak begitu memakan biaya yang mahal. :)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More