26 September 2007

Word Completion

Word Completion adalah suatu fungsi yang biasanya terdapat pada Pockets Word di Windows Mobile. Word Completion digunakan untuk mempermudah kita dalam mengetik. Fungsi Word Completion merupakan perpaduan antara fungsi spelling grammar dan Auto correct.

Pertimbangan yang digunakan untuk diadakannya fungsi Word Completion adalah terbatasnya fungsi untuk mengetik pada keyboard virtual yang terdapat di PDA. Untuk di komputer desktop dalam hal ini berkenaan dengan cara mengetik di keyboard, anda tentu bisa mengetik dengan cepat karena setidaknya anda menggunakan dua jari untuk mengetik. Sementara di keyboard virtual yang terdapat di PDA, kita tidak bisa melakukannya karena hanya mengandalkan satu ujung stylus untuk mengetik, dan tentu saja ini akan memperlambat kita dalam mengetik. Inilah yang menjadi latar belakang adanya fungsi Word Completion. Word Completion akan berfungsi ketika kita mengetik pada setiap penulisan suku kata minimal dua huruf dan seterusnya, dengan memunculkan notifikasi pilihan suku kata yang mungkin akan anda tulis. Jika cocok, anda tinggal mengklik kata di notifikasi tersebut dan PDA otomatis menuliskannya suku kata yang dimaksud secara lengkap. Hal ini akan mempercepat kita dalam menulis suatu kata. Secara default, database kosa kata Word Completion adalah dalam bahasa inggris, tapi anda jangan khawatir, karena PDA akan merekam setiap penulisan kata yang telah anda tulis untuk ditambahkan ke database Word Completion secara temporary. Artinya, PDA akan merekamnya selama anda tidak menutup Pocket Wordnya.

Jika anda menggunakan Windows Mobile 6 terutama di O2 Zinc, secara default fungsi Word Completion tidak bisa digunakan. Hal ini karena adanya fungsi tambahan pada input method yaitu XT9. Ternyata setelah saya tanyakan, fungsi Word Completionnya terintegrasi pada XT9, tidak seperti biasanya yang tergabung dengan input method keyboard. Untuk dapat memfungsikan Word Completion anda harus merubah settingan input ke XT9. Settingan tersebut ada di Start -> Settings -> Input. Pada Input Method pilih XT9. Lalu di Optionsnya pilih Use Microsoft Default Input.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More