19 September 2007

AM : PM

Tentu anda sudah hafal dong apa yang dimaksud pada judul diatas..? Betul..., istilah tersebut biasa terdapat pada jam. AM PM merupakan format waktu yang biasa digunakan di Eropa ataupun Amerika untuk membedakan antara siang dan malam.

AM PM sendiri adalah format waktu yang digunakan untuk membedakan siang dan malam dalam satu hari. Sebagaimana diketahui bahwa hitungan jam konvensional adalah hanya sampai angka 12, sedangkan dalam satu hari terdapat 24 jam. Nah untuk membedakannya dibagi menjadi dua periode yaitu 12 jam siang dan 12 jam malam. AM PM sendiri diambil dari istilah latin yaitu Ante Meridiem untuk AM yang artinya sebelum tengah hari dan Post Meridiem untuk PM yang artinya setelah tengah hari (Wikipedia). Patokan waktu penamaan AM PM adalah jam 12 siang atau " Tengah Hari ". Periode AM adalah dari jam 12.00 malam s/d 11.59 Siang atau sebelum tengah hari, sedangkan periode PM adalah dari jam 12.00 siang s/d 11.59 malam atau setelah tengah hari. Tapi, bagi orang Indonesia format waktu ini jarang digunakan karena sedikit membingungkan, Orang Indonesia lebih mudah menggunakan format waktu 24 jam untuk membedakan waktu siang dan malam.

Di kebanyakan PDA, setting waktu yang digunakan standarnya adalah AM PM, termasuk juga di PDA O2. Untuk bisa merubahnya ke format waktu 24 jam, kita harus merubah settingannya. Di O2 Zinc misalnya, masuk menu Start -> Settings -> System -> Regional Settings. Pada tag Time, pilihlah pada kolom Time Style pilihan HH:mm:ss kemudian OK. Setelah itu format waktu di PDA anda akan berubah menjadi format 24 jam.

14 komentar:

terima kasih atas infonya...

makasih bro a/ infonya... sering ketuker ane..

thankx berat bro infonya..kmn aje ye gw,,hehe..sering ketuker2 ni9h!!

Mantabs infonya gan, salam kenal n kunjungan...
http://apb04unej.blogspot.com/2011/08/masa-pkl-d3-ap-b-fe-unej-2004.html

Thanks infonya bro, salam kenal n kunjungan

hehe, makasih banget ..
mau nulis status fb pake a.m p.m takut salah tulis

thanks

Haduh..kelupaan terus mana am mana pm..
terima kasih jadi pengingat

terima kasih kang, tapi saya sedikit kecewa kirain 7 AM itu malam, ternyata pagi

terima kasih kang, tapi saya sedikit kecewa kirain 7 AM itu malam, ternyata pagi

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More