06 August 2007

Water Damage

Water Damage....!!?? Apakah itu?? Apa anda pernah mendengar istilah tersebut? Di Dunia servis terutama yang erat kaitannya dengan Handphone, tidak akan asing lagi mendengar kata tersebut. Water Damage atau biasa disebut WD ( baca : wede ) adalah suatu kondisi dimana handphone tersebut terkena cairan yang dengan ini akan mengakibatkan kerusakan pada unit. Unit yang terkena cairan ini akan dinyatakan Void Garansi atau Batal Garansinya jika unit tersebut masih dalam masa garansi.

Lho..., ko batal garansinya...? Ya..., memang pada prinsipnya setiap produsen akan memberikan garansi produknya untuk kerusakan yang berkaitan pada kesalahan produksi atau pabrikan dan bukan kesalahan yang disebabkan oleh kesalahan yang dilakukan oleh konsumen. Inilah salah satu pengertian dari jaminan terbatas yang diberikan oleh produsen. Tentu saja terkena cairan adalah kesalahan yang dlakukan oleh konsumen seperti misalnya kehujanan, ketumpahan air, ataupun tercebur kedalam air. Hal ini sebagian besar akan menyebabkan kerusakan yang fatal jika tidak buru-buru ditindaklanjuti.

Sudah banyak terdengar konsumen atau customer yang bersitegang dengan service center mengenai hal ini. Terkadang customer tidak mengaku handponenya terkena cairan sementara terdapat bukti-bukti yang dapat dilihat di handphonenya bahwa handphone tersebut terkena cairan. Pada dasarnya setiap handphone dilengkapi dengan indikator WD. Indikator tersebut biasanya adalah sepotong kertas putih khusus yang apabila terkena cairan, kertas tersebut akan berubah warna menjadi merah. Ini akan menjadi suatu patokan unit tersebut te kena cairan atau tidak. Biasanya kertas ini ditempatkan didalam mesin hp. Selain itu biasanya hp yang terkena cairan pun akan berjamur dan berkarat. Rata-rata handphone yang terkena cairan akan mulai berjamur selang satu hari setelah terkena cairan. Oleh sebab itu jika hp anda terkena cairan, yang harus anda lakukan adalah matikan hp anda atau cabut batrenya supaya tidak terjadi konsleting, lalu coba keringkan dengan menggunakan headryer. Klo memungkinkan coba bongkar hp anda ( ini akan merusak segel garansi, tapi walaupun begitu hp anda sudah batal garansinya karena terkena cairan) untuk memastikan benar-benar kering. Dan setelah anda yakin benar-benar kering coba hidupkan. Jika tidak ada masalah berarti anda masih bisa mengunakan hp tersebut, tapi jika terdapat masalah...., sepertinya anda harus begegas ke tempat servisnya.....

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More