16 August 2007

Virus PDA

Banyak yang bertanya, apakah virus komputer bisa masuk ke PDA?, mengingat sistem yang digunakan PDAnya juga bersistemkan Windows. Sudah banyak diketahui bahwa virus banyak menyerang sistem operasi windows, tanpa berkesimpulan bahwa sistem keamanan windows jelek karena mungkin saja kuantitas pemakai windows sangat banyak di seluruh dunia dan banyak faktor lainnya pula.

Kembali ke virus, tentu pula sudah banyak yang mengetahuinya bahwa kehadiran virus di komputer mempunyai aspek terhadap penggunanya, mulai dari mengganggu hingga merusak dan tentu saja sangat merugikan. Perkembangan virus komputer sendiri sangat cepat sekali dengan banyaknya virus-virus baru yang beredar di dunia maya, malahan para pembuat virus seolah-olah berlomba-lomba dalam menciptakan sebuah virus komputer dan pemenangnya adalah yang bisa menciptakan sebuah virus yang sangat cepat beredar dan merusak komputer. Bahkan kini pembuat virus pun melakukan ekspansi ke dunia handphone, karena pada dasarnya sebuah handphone pun mempunyai sistem operasi agar dapat berfungsi.

Di PDA bersistemkan Windows Mobile ataupun Pocket PC, hingga saat ini saya belum pernah menemukannya di PDA, seperti halnya yang telah terjadi di Handphone. Hanya saja, saya sering menemukan virus komputer nempel di PDA. Itu mungkin terjadi ketika melakukan pertukaran data semisal copy file musik dengan komputer terinfeksi, dan ketika file tersebut di copy-kan ke komputer lain, mungkin komputer tersebut akan terinfeksi pula. Meskipun begitu virus tersebut tidak bisa berjalan di PDA karena beda platform walaupun sama-sama keluaran Microsoft.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More