14 August 2007

Transfer Data

Dalam melakukan pertukaran data dari Handphone ke handphone biasanya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Untuk handphone masa kini, biasanya ada 3 media yang tersedia yaitu Bluetooth, Infra Red ( IrDa ) atau bisa juga lewat slot External Storage Card

Untuk Bluetooth sendiri kini sudah mencapai versi 2.0. Bluetooth dapat melakukan transfer data dengan kecepatan transfer 3 Mbps untuk versi 2 + EDR dan 1 Mbps untuk versi 1. Sementara itu untuk Infra Red ( IR ) di handphone belum ada perkembangan yang mencolok mengenai device yang satu ini. Kecepatan transfer data dari Infra Red ( IrDa) adalah 115 Kbps. Walaupun kecepatan transfer data dari IrDa dibawah bluetooth tapi masih tetap disisipkan di hanphone terbaru sekalipun. Hal ini dilakukan untuk mendukung komunikasi data dengan handphone menengah kebawah yang terkadang tidak disediakan fasilitas bluetooth dan hanya menyediakan Port Infra Red. Sementara untuk Eksternal Storage Card kini banyak handpone yang menyediakan slot Micro SD setelah sebelumnya banyak menggunakan Slot SD Card dan slot Mini SD.

Dari ketiga media tersebut ada juga media lain yang bisa digunakan yaitu dengan perantara lain misalkan lewat komputer menggunakan kabel data ataupun bisa juga lewat MMS. Dari semuanya, yang terbaik menurut saya adalah menggunakan kabel data. Hal ini disebabkan komunikasi ini langsung terhubung menggunakan kabel yang terjamin konektivitasnya. Sementara untuk bluetooth dan Infra Red kadang tidak bisa berkomunikasi antara beberapa device mengingat teknologi ini menggunakan frequensi sebagai saluran datanya.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More