09 August 2007

Mobile RSS

Jika anda mengotak-atik PDA O2 Zinc, anda akan menemukan satu menu yang dinamakan Mobile RSS. Dan jika anda perhatikan pula semua produk yang telah dikeluarkan oleh O2, hanya O2 Zinc lho.. yang disisipkan menu yang satu ini, bahkan hingga produk O2 teranyar pun tidak dapat ditemukan menu tersebut. Sebenarnya apa sih kegunaan Mobile RSS ini?

Mobile RSS adalah merupakan RSS Reader versi mobile. Ini sama fungsinya seperti RSS Reader versi desktop komputer semisal Snarfer. Singkatan RSS ini biasanya mengarah ke beberapa protokol:

Rich Site Summary (RSS ver 0.91)
RDF Site Summary (RSS ver 0.9 and ver 1.0)
Really Simple Syndication (RSS ver 2.0).

RSS digunakan untuk mensindikasi isi dari suatu situs website. Mudahnya, dengan RSS kita dapat membaca isi ringkasan dari suatu situs website tanpa kita harus membuka websitenya. Hampir sama barangkali fungsinya dengan email di outlook, hanya saja klo di outlook adalah surat tapi klo di RSS Reader adalah isi ringkasan berita dari suatu situs web dan link untuk membaca berita selengkapnya dari ringkasan tersebut. Di RSS Reader bisa dimasukan beberapa situs yang ingin dibaca ringkasannya, tapi tentunya situs website tersebut harus mendukung RSS. Kebanyakan RSS ini digunakan oleh situs-situs berita dan weblog.

Di O2 Zinc menu Mobile RSS terdapat pada menu program. Disana sudah dimasukan beberapa RSS dari beberapa Situs mulai dari situs berita, teknologi, olahraga, dll. Anda tinggal mengupdate saja via gprs dan tinggal membaca ringkasan berita dari situs tersebut. Mudah bukan? Anda tidak usah membuka website yang dimaksud untuk melihat headline berita terbaru dan ringkasanya. Tinggal satu klik. Anda sudah bisa mengetahui isi berita terbaru dari suatu website.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More