13 August 2007

LCD Pecah

Sejenak saya hentikan aktifitas kerja saya untuk memberikan istirahat pada otak yang terasa mumet mengurusi kerjaan ketika seorang teman saya sedang berdebat di ujung telpon dengan seseorang. Setelah didengarkan beberapa saat ternyata mereka sedang berdebat mengenai LCD Pecah.

Seorang customer memasukan handphonenya ke tempat service karena LCDnya pecah sehingga handphonenya tidak bisa difungsikan secara normal. Setelah dicek sana sini ternyata diketahui bahwa mesinnya bengkok dan berpotensi akan timbulnya berbagai masalah. Hal ini kemudian dikonfirmasikan kepada customer via telpon akan kemungkinan biaya tambahan diluar biaya LCD yang sudah pasti terkena biaya. Tetapi ketika dikonfirmasi yang ada hanyalah perdebatan yang panjang antara teman saya dan customer tersebut. Hal pertama yang diperdebatkan adalah kenapa LCDnya tidak bisa digaransikan? Karena menurutnya LCD pecah bisa digaransikan ketika dia pernah servis di Sony Ericsson dan Nokia. Kemudian teman saya bertanya, dimana persisnya tempat service tersebut. Karena teman saya pernah pula bekerja di Service Center Sony Ericsson dan Nokia, dan dalam penanganan mengenai LCD Pecah, semua service center akan menerapkan standar yang sama yakni batal garansi dan akan dikenakan biaya. Tak puas..., customer berkilah dengan membandingkannya dengan mobil baru. Menurutnya, mobil yang rusak pun semisal bertabrakan tidak akan dikenakan biaya apapun untuk memperbaikinya. Tentu saja hal ini sangat menggelitik mengingat hal tersebut adalah asuransi bukannya garansi. Tentu pula hal ini tidak bisa diterapkan atau disamakan dengan handphone.

Hal yang kedua adalah kenapa mesinnya pun tidak bisa digaransikan? Untuk hal mesin yang LCDnya pecah biasanya masing-masing service center mempunyai kebijakan sendiri-sendiri, biasanya dilihat case by case, ada yang menggaransikannya ada pula yang tidak. Untuk yang menggaransikannya, biasanya ada ketentuan-ketentuan untuk mesinnya antara lain mesin tidak boleh bengkok, mesin tidak boleh terkena cairan dan tidak boleh ada komponen yang hilang. Jika tidak bisa memenuhi ketentuan tersebut maka secara otomatis mesin tersebut tidak akan bisa digaransikan dan siap-siap untuk dikenakan biaya... So..., hati-hatilah dalam membawa handphone, jangan sampai terlepas dan terjatuh yang bisa mengakibatkan LCD Pecah dan bisa jadi mesinnya juga bengkok atau ada yang terlepas salah satu komponennya.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More