03 August 2007

Garansi Resmi

GARANSI...! Anda tentu sering mendengar satu kata tersebut. Garansi dalam dunia elektronik adalah suatu jaminan terbatas yang diberikan produsen terhadap produk-produknya yang telah dijual kepada konsumen bilamana produknya mengalami masalah. Tentu saja produk yang bemasalah tersebut akan diperbaiki tanpa akan dikenakan biaya apapun. Ada beberapa istilah mengenai garansi ini antara lain Garansi Resmi dan Garansi Distributor atau ada juga yang menyebutnya BM atau Black Market.

Seringkali saya mendengar, beberapa konsumen ngomel-ngomel, ada juga yang bingung bahkan ada juga yang sampai marah-marah ketika dia datang ke tempat servis resmi untuk memperbaiki barang elektroniknya yang rusak, tetapi garansinya ditolak dan dinyatakan BM dan tentu pula kalo diteruskan servis akan dikenakan biaya. Ataukah anda sendiri pernah mengalaminya? Kenapa hal ini bisa terjadi? Banyak faktor yang melatarbelakanginya. Bisa jadi kurangnya pengetahuan... jadi deh kita dibodohi, bisa pula ingin mendapatkan dengan harga murah karena kebelet pengen punya dan duitnya pas-pasan ataupun lain-lainnya. Memang klo kita tidak teliti, akan susah membedakannya antara garansi resmi dan garansi distributor. Pada umumnya garansi resmi memberikan masa garansi selama 12 bulan, sedangkan garansi distributor 6 bulan bahkan ada yang 3 bulan.

Bagaimana cara mengetahui garansi resmi, dalam hal ini mengenai produk-produk semisal HP. Mungkin info ini bisa sedikit membantu. Tentu yang paling utama adalah bertanya. Yang pertama adalah selalu beli di dealer-dealer resmi. ini bisa diakali dengan melihat iklan resmi dari produk tsb di koran yang biasanya mencantumkan dealer-dealernya atau yang punya koneksi internet bisa membuka website produk tersebut. Biasanya di website tercantum nama-nama tempat untuk bisa membeli produk tersebut. Yang kedua perhatikan fisik barang. Rata-rata dus dibungkus dengan plastik khusus, terdapat segel dus dan juga stiker hologram. Pastikan tanda-tanda tersebut tidak rusak. Yang terakhir tentu tanyakan apakah garansi resmi atau bukan dan berapa lama masa garansinya. Sampai sekarang sudah banyak produsen seperti Nokia, Sony Ericsson, Motorola, Samsung atau yang lainnya yang membuka gerai resminya diberbagai tempat. Hal ini tentu akan mempermudah kita untuk mendapatkan barang resmi supaya kita tidak terjebak dengan barang-barang BM.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More